Crypto

Memahami Strategi Hodl Pada Trading Kripto

Memahami Strategi Hodl Pada Trading Kripto

Memahami Strategi Hodl Pada Trading Kripto

Bagi Anda yang terjun ke dunia trading kripto, pasti pernah dan sering mendengar istilah hodl. Meski begitu, tidak banyak orang yang memahami dengan baik terkait istilah tersebut. Dan tahukah Anda, jika hold bukan hanya sebuah istilah yang populer, tetapi juga dianggap sebagai salah satu strategi investasi kripto?

Untuk itu, pada kesempatan kali ini, mari membahas secara lebih lengkap mengenai hodl dalam trading kripto. Hal ini termasuk tentang pengertian, awal kemunculan juga tentang manfaat dari hold itu sendiri. Oleh sebab itu, silahkan menyimak penjelasannya dalam artikel berikut ini!

Pengertian Hodl dalam Trading Kripto

Adalah istilah salah eja dari “hold” yang merujuk kepada strategi buy-and-hold di antara investor mata uang kripto. Langkah “hodling” membantu para trader menghindari kerugian nyata dari volatilitas jangka pendek mata uang kripto dan memperoleh keuntungan dari nilai apresiasi jangka panjang. Walau “hodling” terlihat mempunyai sedikit risiko ketimbang menjual aset, investor tetap harus mempertimbangkan perubahan peraturan dan pandangan publik.

Baca Juga: Staking Crypto, Cara Aman dan Tetap Untung di Investasi Kripto

Dalam dunia kripto, hodl adalah singkatan dari hold on for dear life dan sebetulnya berasal dari kata hold. Strategi hodl sendiri sering digunakan dalam dunia aset kripto karena dianggap efektif untuk menghindarkan trader dari kerugian sebab volatilitas jangka pendek. Penggunaan strategi hodl juga diharapkan bisa memberikan keuntungan jangka panjang.

Istilah hodl juga digunakan dalam dunia Bitcoin oleh para trader. Yang mana di Bitcoin, hodl digunakan sebagai pengingat para trader agar tidak menjual aset mereka dalam waktu dekat setelah membelinya. Hal ini sesuai dengan fungsi hodl sebagai strategi membeli aset lalu kemudian menahan aset tersebut.

Sejarah Kemunculannya

Dikutip dari berbagai sumber, dituliskan jika pada awalnya, istilah hodl muncul pertama kali sekitar tahun 2013. Penggunaan istilah tersebut berawal dari sebuah unggahan pada suatu forum bitcointalk. Di saat itu, nilai Bitcoin mengalami pelonjakan tajam dari yang awalnya kurang dari 15 USD per koin di bulan Januari 2013, meroket dan mencapai nilai tertingginya di level 1.100 USD di awal bulan Desember tahun yang sama.

Walaupun begitu, dalam kurun waktu 24 jam, di tanggal 18 Desember, nilai token tersebut merosot hingga 39 persen. Nilai Bitcoin yang awalnya senilai 716 USD menjadi 438 USD mengacu dari indeks nilai Bitcoin CoinDesk. Tepatnya saat jam 10 waktu Amerika Serikat, harga Bitcoin mengalami penurunan ekstrem karena disinyalir adanya tanggapan keras dari Pemerintah Tiongkok terhadap aset crypto tersebut kala itu.

Baca Juga: Memahami Istilah PancakeSwap dalam Crypto

Tidak lama berselang setelah terjadi penurunan nilai Bitcoin tersebut, terdapat salah satu anggota dalam forum yang membuat unggahan dengan isi “ I AM HODLING”. Di mana kalimat tersebut memiliki kesan diucapkan dengan terburu-buru oleh pemabuk karena sarat typo dan kesalahan ketik.

Unggahan itu pun seolah-olah menunjukkan kemampuan trading yang buruk dan tekad untuk terus menahan Bitcoin miliknya walaupun nilainya tengah anjlok. Bahkan, dalam unggahan selanjutnya dari orang yang sama tersebut mengakui jika ia merupakan trader yang buruk dan tak bisa melihat titik terendah atau tertinggi sebuah aset hingga mendapatkan untung jutaan.

Kesalahan pengejaan “hodl” menyebar secara cepat di antara komunitas kripto. Kemudian, kata ini menjadi bahasa gaul internet yang dimaksudkan untuk seseorang yang lebih memilih menahan bitcoin ketimbang menjualnya. Penggunaan istilah “hodl” pun akhirnya merambah ke mata uang kripto lainnya.

Keuntungan dari Hold pada Trading Kripto

Ada sejumlah keuntungan yang dapat Anda manfaatkan terkait dengan strategi hold, yaitu:

1. Investasi aset kripto tanpa repot.
2. Keuntungan jangka panjang dari hodl.
3. Dapat mengurangi tingkat stress.

Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Portofolio Cryptocurrency?

Kesimpulan

Hold adalah salah satu istilah kekinian dalam komunitas kripto yang paling sering digunakan. Sekarang, Anda tidak perlu bingung lagi ketika menjumpai istilah ini, baik ketika membaca maupun berkomunikasi dengan orang-orang komunitas. Semoga informasi kali ini memperkaya wawasan Anda tentang dunia kripto, ya!

Lita Alisyahbana
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top