Crypto

Perusahaan Keuangan Milik Bos Twitter Beli Bitcoin Rp 735 M

Square (perusahaan jasa keuangan yang dipimpin oleh Co-founder dan CEO Twitter Jack Dorsey) mengumumkan bahwa telah membeli 4.709 Bitcoin dengan jumlah nilai mencapai harga US$ 50 juta. Nominal tersebut jika dikalkulasi dengan Rupiah (kurs Rp 14.700/US$) maka ditemukan angka yang senilai Rp 735 miliar. Investasi tersebut mewakili hampir dari 1 persen dari total aset perusahaan pada kuartal II-2020.

Amrita Ahuja -Chief Financial Officer Square- mengatakan, “Kami percaya bahwa Bitcoin memiliki potensi untuk menjadi mata uang yang lebih tersebar di mana-mana di masa depan“.

Kabar ini muncul beberapa bulan setelah perusahaan publik lainnya, MicroStrategy, memutuskan untuk mengubah sebagian dari perbendaharaannya menjadi Bitcoin. Saat ini, perusahaan memegang 38.250 BTC dan CEO-nya Michael Saylor telah menjadi salah satu pendukung Bitcoin yang paling vokal.

Meskipun MicroStrategy adalah perusahaan besar dengan kapitalisasi pasar US$1,5 miliar (Rp22 triliun), itu tidak berarti jika dibandingkan dengan Square, yang memiliki kapitalisasi US$81 miliar (Rp1.191 triliun).

Perusahaan Keuangan Milik Bos Twitter Beli Bitcoin Rp 735 M

Perusahaan Keuangan Milik Bos Twitter Beli Bitcoin Rp 735 M

Bitcoin mengalami tahun yang baik, nilainya naik lebih dari 50 persen pada 2020. Hal ini disebabkan salah satunya akibat dari anjloknya dolar selama pandemi Covid-19. Setelah Square mengumumkan investasinya, harga satu bitcoin naik lebih dari 2 persen menjadi sekitar US$ 10.900 atau senilai Rp 160 juta.

Untuk informasi, saham Square naik sekitar 2,3 persen pada perdagangan hari Kamis kemarin. Transaksi ini bukan yang pertama bagi Square untung mendukung mata uang crypto.

Seperti yang diketahui, pada tahun 2018 lalu perusahaan telah memperluas pembayaran digitalnya melalui Cash App untuk mendukung perdagangan Bitcoin. Sementara pada tahun 2019 perusahaan juga meluncurkan Square Crypto yang memberikan hibah kepada pengembang dan desainer Bitcoin.

Pada bulan Agustus lalu, perusahaan juga melaporkan bahwa pendapatan perdagangan Bitcoin dari Cash App melonjak naik sebesar 600 persen dari tahun sebelumnya menjadi US$ 875 juta atau senilai Rp 12,8 triliun. Cryptocurrenci telah menyumbang hampir setengah dari total penjualan Square sebesar US$ 1,92 miliar atau senilai Rp 27,9 triliun.

Siaran pers Square yang menyertai menunjukkan bahwa langkah tersebut merupakan pernyataan ideologis.

Siaran pers mencatat investasi tersebut mewakili sekitar 1% dari “aset Square pada akhir kuartal kedua tahun 2020.” Pada 30 Juni, total aset perusahaan berjumlah US$ 7,8 miliar (Rp 114 triliun) sehingga akuisisi tersebut mungkin mewakili hampir 0,64% aset perusahaan.

Lita Alisyahbana
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
To Top