Crypto

Trump Sebut Mata Uang Kripto Bisa Jadi Bencana

Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memperingatkan bahwa berinvestasi dalam mata uang kripto adalah berpotensi menunggu bencana untuk terjadi. Hal itu ia ungkapkan pada sebuah wawancara eksklusif di Varney & Co pada hari Selasa (31/8/2021) yang lalu. Pada kesempatan itu, Trump mengungkapkan bahwa dirinya bukan penggemar berat mata uang kripto. Ia bahkan mengaku tidak berinvestasi dalam Bitcoin dan mata uang digital lainnya.

“Mata uang dunia ini seharusnya dollar. Saya tidak berpikir kita harus memiliki semua Bitcoin di dunia di luar sana. Saya pikir mereka harus mengaturnya dengan sangat, sangat tinggi. Ini menghilangkan keunggulan dollar dan pentingnya dollar” kata Trump kepada Varney saat itu.

Ketidaksukaannya dengan kripto tersebut membuat ia beranggapan bahwa investasi kripto telah merugikan mata uang AS. Dia pun mendorong agar masyarakat berinvestasi dalam mata uang AS saja.

Trump Sebut Mata Uang Kripto Bisa Jadi Bencana

Trump Sebut Mata Uang Kripto Bisa Jadi Bencana

Trump diketahui selalu menjadi kritikus Bitcoin dan aset kripto lain. Diberitakan sebelumnya, pada Juni lalu Trump bahkan menyebut bahwa Bitcoin seperti sebuah penipuan dan euforia. Saat itu Trump mengatakan, “Bitcoin, sepertinya penipuan. Saya tidak menyukainya karena ini adalah mata uang lain yang bersaing dengan dollar. Pada dasarnya, ini adalah mata uang yang bersaing dengan dollar. Saya ingin dollar menjadi mata uang dunia, itulah yang selalu saya katakan”.

Bahkan ketika ia masih menjadi Presiden AS pada 2019 silam, Trump men-tweet: “Saya bukan penggemar Bitcoin dan kripto lainnya, yang bukan uang, dan yang nilainya sangat fluktuatif dan bisa tiba-tiba menghilang”.

“Aset kripto yang tidak diatur bisa memfasilitasi perilaku yang melanggar hukum, termasuk perdagangan narkoba dan aktivitas ilegal lainnya,” tegasnya.

Sementara itu, Gary Gensler selaku Ketua Komisi Sekuritas dan Bursa justru mengambil langkah yang berbeda dengan Trump. Gensler telah mengisyaratkan bahwa dia mendukung mata uang digital, tetapi berbicara di FOX Business awal bulan ini kripto tidak akan bisa mengungguli mata uang resmi jika belum ada undang-undang resmi. Kripto disebut harus diatur dengan undang-undang yang mengatur soal pencucian uang, kepatuhan pajak, dan perlindungan investor.

William Adhiwangsa
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trading Saham di EXNESS
To Top