Bisnis

5 Cara Membangun Bisnis Tanpa Investor

Membangun bisnis dari dasar memang sulit. Terlebih jika membangun bisnis tanpa aliran dana dari investor. Meskipun demikian, banyak pengusaha memilih membangun bisnis tanpa investor. Alasan utamanya yaitu karena mereka tidak mau mendapat kontrol dan tekanan dari luar.

Sebab, saat Anda mendapatkan dana dari investor, maka sebagian kepemilikan bisnis akan diambil alih oleh investor, dan itu artinya investor berhak ambil bagian dalam pembuatan keputusan internal.

Memulai bisnis dengan dan tanpa investor tentu akan melalui jalur yang berbeda. Jika Anda tidak punya cukup modal untuk mendanai bisnis Anda tetapi tetap ingin membangun bisnis tanpa investor, maka Anda perlu menginvestasikan hal lainnya yang cukup berharga, yakni waktu.

Lalu bagaimana menginvestasikan waktu yang Anda miliki untuk membangun bisnis sendiri?

Berikut ini 5 cara membangun bisnis tanpa investor

5 Cara Membangun Bisnis Tanpa Investor

5 Cara Membangun Bisnis Tanpa Investor


1. Investasikan Waktu untuk Bekerja dan Berbisnis

Membangun bisnis tanpa aliran dana memang tidak mungkin. Untuk mendukung kondisi finansial, mungkin akan lebih baik jika Anda tetap bekerja harian. Sementara merintis bisnis, Anda bisa mengumpulkan dana dari pekerjaan harian Anda untuk modal berbisnis.

Lalu kapan waktu berbisnis? Bisa Anda lakukan setelah pulang bekerja, misalnya dengan bertemu vendor atau klien, membangun website bisnis, membuat rencana, pemasaran, dan lain sebagainya.

Lalu Anda bisa memanfaatkan hari libur dengan mengikuti seminar atau pelatihan untuk menambah pengetahuan berbisnis. Memang terkesan melelahkan. Inilah yang dinamakan investasi waktu, Anda harus mengorbankan waktu yang seharusnya bisa Anda gunakan untuk beristirahat dan bersama keluarga untuk berbisnis.

2. Pelajari Cara Menangani Setiap Pekerjaan dan Bertanggung Jawab Atas Pekerjaan Tersebut

Merintis bisnis tanpa bantuan investor mungkin akan menuntut Anda untuk bekerja sendiri. Anda memang akan terbebas dari tekanan luar, tapi bukan berarti Anda akan bebas tekanan. Tekanan itu muncul dari bisnis itu sendiri, bagaimana menghandle semua pekerjaan sendirian, mulai dari perencanaan sampai eksekusi. Sebab, merekrut karyawan dengan dana terbatas bukanlah pilihan yang tepat.

Jika memang membangun bisnis tanpa investor sudah menjadi pilihan, maka Anda harus menerima konsekuensinya, Anda perlu belajar banyak hal dan bertanggung jawab atas semua pekerjaan, meskipun tidak ada yang mengawasi.

3. Persiapkan Diri untuk Berkorban

Bisnis yang baru dirintis bisa diibaratkan seperti bayi, membutuhkan waktu dan perhatian. Anda harus rela mengorbankan waktu, seperti waktu untuk beristirahat, waktu bersama keluarga, waktu bersama teman, dan waktu liburan. Memang ada harga yang harus dibayar untuk apapun yang kita inginkan.

Semakin banyak waktu yang Anda alokasikan untuk berbisnis, maka semakin cepat pula bisnis berkembang ke fase berikutnya.

Masa-masa tersulit memang saat membangunnya, namun ketika bisnis sudah lebih stabil dan menghasilkan profit, Anda akan lebih mudah menyeimbangkan waktu antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.

4. Rekrut Karyawan yang Tepat

Saat bisnis mulai berkembang, akan tiba saatnya Anda merekrut pekerja. Meskipun bisnis masih baru, bukan berarti Anda bisa seadanya dalam memilih karyawan. Pekerjakanlah orang yang tepat, sebab karyawan adalah salah satu investasi dalam berbisnis.

Pekerjakanlah individu yang ahli di bidangnya dan percaya dengan visi Anda. Pemilihan karyawan yang tepat juga akan berpengaruh pada budaya perusahaan untuk jangka panjang. Budaya perusahaan meliputi lingkungan kerja, etika, visi, dan nilai-nilai yang dibangun perusahaan.

5. Atur Kondisi Finansial Sebaik Mungkin

Ketika bisnis berkembang dan menghasilkan profit, aturlah keuangan sebaik mungkin. Sebab, Anda tidak memiliki investor yang akan membantu Anda di saat dibutuhkan. Sedangkan tanggung jawab juga semakin besar, misalnya gaji karyawan. Jadi sebisa mungkin keuangan selalu siap kapan saja.

Jika Anda yakin dengan prinsip membangun bisnis tanpa investor, yakinlah Anda bisa melalui dan mewujudkannya. Banyak orang mungkin akan menilai pilihan Anda salah dan konyol. Tapi tidak masalah, selama Anda yakin, ada banyak jalan menuju kesuksesan.

William Adhiwangsa
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
To Top