Finansial

5 Investasi Jangka Panjang Yang Wajib Dipilih

Bicara investasi sudah banyak sekali jenis investasi yang dijalankan guna meningkatkan perekonomian atau untuk simpanan di hari tua. Investasi menjadi salah satu hal yang cukup penting mengingat pergerakan ekonomi yang terus mengalami perubahan dari tahun ke tahun mengakibatkan banyak harga juga ikut berubah.

berikut 5 investasi jangka panjang yang bisa dijadikan pilihan dan referensi

5 Investasi Jangka Panjang Yang Wajib Dipilih

5 Investasi Jangka Panjang Yang Wajib Dipilih


1. Investasi Saham

Salah satu investasi jangka panjang yang cukup menjanjikan adalah investasi saham. Investasi ini tidak hanya dilakukan oleh seseorang memiliki modal dalam jumlah yang besar. Namun di era globalisasi ini, siapapun bisa menjadi investor dan berpartisipasi dalam kegiatan yang satu ini. semakin besar dana yang ditanamkan maka semakin besar juga profit yang akan diterima untuk investor.

Setiap investor akan mendapatkan dividen atau bagian keuntungan yang didapatkan dari perusahaan tempat menanamkan modal. Profit dari jual beli saham pada pasar saham atau trading saham juga tentu akan menanti setiap investor.

2. Emas

Selain saham, investasi yang menjanjikan lainnya untuk jangka panjang adalah emas. Emas dinilai sangat menguntungkan karena nilainya yang selalu meningkat seiring berjalannya waktu. Jika seseorang membutuhkan dana cepat dalam jumlah yang banyak, investasi ini sangat disarankan. Selain itu, emas juga sangat minim resiko dan tahan terhadap inflasi.

Seseorang bisa membeli emas batangan, koin, atau perhiasan dan menyimpan di rumah. Saat ini ada banyak sekali sarana investasi emas yang lebih modern dan aman yang bisa dijadikan pilihan untuk berinvestor. Dengan begitu maka peluang resiko kehilangan akan semakin sedikit karena disimpan pada tempat yang tepat dan aman.

3. Property

Belakangan ini property juga dinilai sangat menguntungkan untuk investasi dalam jangka waktu yang panjang. Hal ini tentu saja karena harga tanah, rumah, maupun unit lain selalu mengalami kenaikan apalagi jika lahan sudah semakin sempit dengan kepadatan penduduk di atas rata-rata.

Namun meskipun begitu, setidaknya butuh modal yang cukup besar untuk investasi yaitu kisaran ratusan bahkan miliaran rupiah per unitnya. Apabila terletak di kawasan perkotaan yang strategis harganya juga akan semakin tinggi. Hal ini karena unit tersebut banyak diincar oleh para pebisnis dalam usaha meningkatkan usahanya.

4. Asuransi

Setiap orang pasti tidak ingin kehilangan atau mengalami kerusakan pada benda kesayangan. Untuk itulah asuransi menjadi pilihan terbaik sebagai upaya meminimalisir resiko kehilangan. Namun ternyata tidak hanya itu, asuransi memiliki nilai investasi yang cukup menguntungkan dalam jangka waktu yang cukup panjang. Untuk mendapatkan manfaat tersebut seseorang bisa memilih asuransi unit atau asuransi dwiguna.

5. Reksa

Investasi jangka panjang selanjutnya adalah investasi reksa dana. Investasi ini adalah investasi berupa surat berharga yang menjadi bukti asset atau klaim. Reksa dana memiliki kelebihan diantaranya banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan seperti pasar uang, saham, dan obligasi. Setiap calon investor bisa menyesuaikan dengan ketersediaan dana dan resiko yang siap ditanggung.

Investasi ini juga sangat cocok dilakukan oleh pemula karena seluruh aktivitas ini dilakukan oleh manajer investasi yang berpengalaman di bidangnya. Sedangkan untuk obligasi sendiri yaitu surat utang yang diserahkan oleh peminjam kepada pemberi pinjaman. Untuk jangka waktu investasi ini yaitu mulai dari 1 tahun hingga 10 tahun.

Itulah 5 investasi jangka panjang yang bisa dijadikan pilihan. Setiap investasi tentu memiliki resiko dan keuntungannya masing-masing. Setiap investor hendaknya lebih cermat dan teliti mempelajari investasi yang akan dipilih sebelum kemudian terjun di dalamnya. Hal ini agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Johnson Manik
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
To Top