Binari Option

Apakah Binary Haram? Ini Jawabannya

Binary option bukan instrumen investasi, maupun instrumen trading. Namun, binary adalah wadah trader untuk menebak nilai naik-turunnya suatu aset dalam waktu yang telah ditentukan.

Apakah binary haram?

Apakah Binary Haram? Ini Jawabannya

Apakah Binary Haram? Ini Jawabannya

Sekilas tentang binary option

Binary option pada dasarnya wadah untuk memungkinkan trader menebak nilai naik atau turun suatu aset. Rentang waktu yang ditentukan cukup singkat, yakni sekitar 1 menit – 5 menit.

Jika trader benar menebak nilai suatu aset, maka akan mendapatkan keuntungan sesuai ketentuan awal. Begitu juga sebaliknya.

Sayangnya, tidak ada pasar riil yang diperjualbelikan. Artinya hanya permainan bilateral saja. Sehingga, dapat dikatakan binary atau binary option memiliki risiko tinggi.

Itulah mengapa binary option memiliki dua keadaan, yakni meraup profit besar atau tidak sama sekali.

Di Indonesia, broker binary option ada Binomo, Olymptrade, dan IQ Option. Namun broker ini sudah diblokir Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Jenis binary option di Indonesia

Sementara itu, jenis binary option yang sering digunakan di Indonesia adalah metode high/low. Metode high/low yakni metode untuk menebak harga naik atau turun dalam rentang waktu tertentu. Instrumen yang digunakan adalah forex atau valas.

Untuk mendukung metode high/low ini, umumnya broker binary menyediakan tutorial cara trading, kemudian memberi batasan waktu jatuhnya opsi trader, serta menyediakan robot prediksi.

Pendukung binary option

Hal-hal yang mendukung berlangsungnya binary option adalah sebagai berikut.

a. Trader berperan sebagai investor dan pengambil keputusan transaksi atau opsi.
b. Aset yang diperdagangkan yakni mata uang asing, komoditas (minyak, emas, tembaga, dan lainnya), saham, dan indeks saham.
c. Broker menjadi perantara antara trader dengan penjual aset.
d. Robot prediksi berperan sebagai analis pergerakan pasar, agar trader bisa melakukan taksiran spekulatif dalam jangka waktu yang ditetapkan option.
e. Option dibatasi oleh trader berdasarkan rentang waktu tertentu. Sifatnya berbanding lurus dengan kecepatan akses internet dan tren pasar.
f. Deposit merupakan tabungan virtual trader, dan bisa dikendalikan dengan mudah
g. Akses internet

Dari pendukung ini, dapatlah dianalisa bahwa binary terletak pada tingkat kepercayaan harga aset yang fluktuatif. Namun, sifatnya cenderung spekulasi.

Akibatnya, trader tidak mengetahui betul harga aset yang sebenarnya. Inilah yang membuat binary termasuk perjudian.

Karena itu, Majelis Ulama Indonesia memutuskan bahwa binary option atau trading option mengandung unsur perjudian. Bahkan, sudah diputuskan melalui Fatwa DSN MUI No. 28/DSN-MUI/III/2002

Sebagai kesimpulan, apakah binary haram? Binary termasuk haram karena mengandung unsur perjudian atau spekulasi. Harga aset tidak jelas, aset yang diperdagangkan juga tidak nyata, serta menjual-beli barang yang dijanjikan. Ini dapat merugikan trader juga.

Johnson Manik
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
To Top