Crypto

Crypto Blue Chip: Pengertian dan Karakteristiknya

Crypto Blue Chip: Pengertian dan Karakteristiknya

Crypto Blue Chip: Pengertian dan Karakteristiknya

Istilah blue chip mungkin tidak asing bagi Anda karena berkaitan dengan dunia saham. Ya, saham blue chip memang seringkali diartikan sebagai saham unggulan dan direkomendasikan untuk pilihan investasi. Namun, tahukah Anda bahwa dalam dunia cryptocurrency juga terdapat istilah crypto blue chip?

Lantas, apakah ada perbedaan istilah blue chip dalam dunia saham dan kripto? Untuk dapat memahinya secara lebih lengkap, Anda dapat membacanya dalam ulasan berikut ini!

Pengertian Crypto Blue Chip

Mengulang penjelasan di atas, bahwa saat ini istilah blue chip tidak sebatas pada saham, tetapi berlaku juga untuk aset kripto. Pada dasarnya, istilah crypto blue chip didefinisikan sebagai aset kripto yang juga diunggulkan untuk berinvestasi dalam instrumen aset kripto.

Baca Juga: 5 Tips Investasi Crypto yang Aman, Legal, dan Cuan

Hal ini sama seperti yang dijelaskan oleh Panji Yudha selaku Financial Expert Ajaib Kripto. Bahwa crypto blue chip memiliki reputasi baik, harga stabil, likuiditas tinggi serta kapitalisasi pasar yang besar.

Panji mengatakan, “Secara singkat, crypto blue chip adalah aset kripto yang sudah sangat mapan dan unggul di antara aset kripto lainnya”.

Dalam tambahannya, Panji juga menyampaikan bahwa aset crypto blue chip memiliki fundamental yang kuat. Sehingga memiliki pengaruh yang signifikan dalam pasar aset kripto karena akan lebih tahan ketika pasar sedang crash.

Karakteristik

Masih menurut Panji, terdapat beberapa karakteristik utama yang menjadi penentu sebuah aset kripto masuk dalam kategori blue chip. Pertama, aset tersebut telah beroperasi lama dan bereputasi baik. Rekam jejak menjadi faktor penentu karena aset kripto tersebut lebih kuat dan tangguh dalam bertahan dan memiliki eksistensi yang lebih besar dalam pasar.

Dan tim yang menangani sebuah project crypto menjadi salah satu indikator penentu keberhasilan aset crypto blue chip. Para pendiri dan tim yang memiliki reputasi baik tentunya akan lebih dipercaya oleh pasar karena memiliki kapasitas mumpuni dalam menjalankan project crypto.

Kedua, kredibilitas dan adopsi. Sebuah aset kripto dapat dikatakan blue chip ketika didukung oleh banyak lembaga dan institusi yang memiliki reputasi baik. Dengan demikian aset kripto tersebut menjadi kredibel dan memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi.

Tingkat adopsi menjadi salah satu penentu sebuah aset crypto blue chip dalam merambah pasar yang ingin dijangkau. dengan maksud ketika perkembangan serta kecepatan sebuah inovasi teknologi dapat diperoleh dan digunakan oleh publik secara mudah dan merata.

Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Portofolio Cryptocurrency?

Ketiga, memiliki nilai kapitalisasi dan likuiditas. Walaupun tidak ada nilai pasti yang menjadi indikator, sebuah aset kripto dapat dikatakan sebagai blue chip jika nilai kapitalisasi pasarnya sangat besar bila dibandingkan aset kripto lainnya.

Nilai Likuiditas juga menjadi salah satu indikator yang dapat mempertimbangkan aset kripto dikatakan sebagai blue chip, dikarenakan semakin tinggi likuiditas sebuah aset kripto maka semakin mudah pula kegiatan transaksi perdagangan jual dan beli aset tersebut di pasar. Untuk melihat nilai kapitalisasi pasar dan likuiditas sebuah aset kripto, investor dapat memantaunya secara berkala di CoinMarketCap.

Dan yang keempat adalah nilai volatilitas. Aset kripto memang suatu aset yang bergerak secara fluktuatif jika dibandingkan beberapa instrumen investasi lainnya. Tapi ada beberapa aset kripto yang memiliki volatilitas yang lebih rendah sehingga harganya jauh lebih stabil dibandingkan aset kripto lainnya. Kecuali stablecoin yang memang nilainya di-peg atau di patok dengan nilai mata uang asli seperti dolar Amerika Serikat (AS).

Baca Juga: Staking Crypto, Cara Aman dan Tetap Untung di Investasi Kripto

Benny Faizal
1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Trading Kripto: Bitcoin VS Ethereum, Apa Perbedaannya?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top