Crypto

Dukung Cryptocurrency, WhatsApp Umumkan Fitur Transfer Koin via Chat

Dalam kabar terbarunya terkait dukungannya mengenai mata uang digital atau cryptocurrency, aplikasi WhatsApp meluncurkan program uji coba bagi pengguna di Amerika Serikat (AS) untuk mengirimkan atau menerima uang lewat chat menggunakan uang kripto. Transaksi dalam ruang obrolan WhatsApp itu menggunakan dompet digital bernama Novi. Novi adalah dompet digital yang berada di bawah unit Fintech Meta dan baru diluncurkan pada Oktober 2021 lalu.

Dimana diketahui, peluncuran fitur mata uang digital tersebut diumumkan langsung oleh CEO WhatsApp Will Cathcart pada pekan lalu. Pada cuitannya, Will menjelaskan bahwa terkait dengan pengiriman uang digital tersebut, adalah semudah layaknya seperti mengirimkan pesan biasa.

Seperti yang terlihat pada akun Twitter resminya @wcathcart menulis, “Orang-orang menggunakan WhatsApp untuk mengirim uang kepada orang yang dicintai, dan sekarang Novi akan membantu mereka melakukannya dengan aman, instan, dan tanpa biaya”.

Mengutip The Verge pada hari Jumat (10/12/2021) lalu, dikabarkan bahwa Novi menggunakan pembayaran dengan Pax Dollars (USDP), stablecoin yang nilainya mematok pada dolar AS dan dikeluarkan oleh Paxos. Namun, sebagai informasi, fitur layanan ini belum mendukung pembayaran kripto seperti Bitcoin, Ethereum dan kripto populer yang lain.

Dukung Cryptocurrency, WhatsApp Umumkan Fitur Transfer Koin via Chat

Dukung Cryptocurrency, WhatsApp Umumkan Fitur Transfer Koin via Chat

Menurut website resmi Novi, fitur ini dapat diakses melalui ikon klip kertas di Android atau ikon + di iOS. Pengguna dapat memilih opsi “Payment” dari menu yang muncul.

Tidak ada biaya untuk mengirim atau menerima uang, tidak ada batasan seberapa sering pembayaran dapat dikirim, dan tidak ada biaya untuk menyimpan saldo di akun Novi atau untuk menariknya ke rekening bank. Pembayaran akan ditransfer secara instan. Fitur Novi ini awalnya tersedia di AS dan Guatemala, tetapi WABetaInfo mencatat bahwa pengguna di Guatemala tidak akan dapat mengakses fungsi pembayaran WhatsApp yang baru.

Sebagaimana diketahui, proyek ini berakar dari ambisi Meta (yang dulunya bernama Facebook) untuk terjun ke dunia kripto. Pada tahun 2019, Facebook berencana meluncurkan mata uang kripto bernama Libra yang diintegrasikan dengan dompet digital bernama Calibra.

Setahun kemudian, rencana ini mulai bergeser. Libra kini berganti nama menjadi Diem, dan Calibra menjadi Novi. Menariknya, Novi diluncurkan tanpa menggunakan Diem sebagai mata uangnya. Dalam awal rencananya, Libra diwacanakan dapat digunakan untuk membeli barang atau mengirim uang ke sesama pengguna tanpa pungutan biaya.

Mata uang kripto ini juga bisa ditukar ke mata uang asli secara online atau melalui toko-toko offline. Pengguna kemudian bisa menyimpannya di dompet digital yang dibuat secara mandiri oleh Facebook bernama “Calibra”. Layanan ini bakal tersemat di WhatsApp, Messenger, dan Facebook.

William Adhiwangsa
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top