Bisnis

Hantaman Pandemi Corona Membuat Kerugian Besar Di Semua Negara Terdampak

Fenomena yang begitu dahsyat terjadi di akhir tahun 2019 yang diawali dengan sebuah kasus virus mematikan dari Wuhan, China. Kemudian virus ini mulai menyebar di seluruh wilayah Cina dan menular ke berbagai negara dari manusia ke manusia. Inilah yang kemudian ditetapkan oleh WHO sebagai pandemi karena dampak kematian yang begitu cepat. Hantaman pandemi corona ini sangat memukul bagi semua negara terdampak.

Dalam kurun waktu hanya beberapa bulan saja dunia kehilangan nyawa orang-orang akibat virus corona. Hal ini bahkan berlangsung lama serta berdampak begitu besar. Dan semua negara merasakan berbagai kerugian di berbagai sektor.

Hantaman Pandemi Corona Membuat Kerugian Besar Di Semua Negara Terdampak

Hantaman Pandemi Corona Membuat Kerugian Besar Di Semua Negara Terdampak

Pandemi Menjadi Kejadian Luar Biasa Yang Menguasai Dunia

Sebuah kejadian luar bisa, bernama pandemi corona begitu menguasai dunia. Mulai dari hilangnya nyawa manusia hingga kehidupan yang seakan berhenti sejenak. Orang-orang diwajibkan melakukan kegiatan hanya dari rumah, dengan istilah stay at home. Bahkan banyak negara yang memberlakukan lockdown untuk mencegah penyebaran corona meluas ke berbagai tempat di dunia. 

Berdasarkan data WHO sebagai organisasi dunia dengan data terkini kematian mencapai 1.678 jiwa. Dengan total kasus di dunia mencapai 8.618.336 per hari ini. Fenomena pandemi ini begitu membuat semua orang di seluruh dunia harus waspada. Dengan melakukan physical distancing, wajib memakai masker hingga melakukan karantina mandiri.

Hal ini dilakukan guna menjaga penyebaran virus tidak semakin buruk terjadi. Sehingga angka penambahan kasus dan kematian bisa ditekan. Kejadian ini menjadi peringatan untuk seluruh dunia dalam menyelamatkan umat manusia. Namun tetap saja terjadi berbagai kerugian saat virus corona mulai menguasai dunia.

Kerugian Yang Dirasakan Beberapa Negara Dunia

Tidak hanya tentang fenomena besar yang terjadi saja yang dirasakan oleh semua orang di dunia ini. Kerugian yang terjadi akibat pandemi corona tentu membawa hal yang sangat dirasakan oleh semua orang. Seperti beberapa negara ini mengalami kerugian di sektor pariwisata.

China, dalam 6 bulan mengalami penurunan drastis sebesar 50 persen. Dalam catatan penerimaan devisa China kehilangan sekitar 1,3 miliar dolar Amerika.

Eropa, negara yang menjadi impian tujuan wisata inipun berdampak besar. Adanya pandemi corona, penurunan sektor pariwisata Eropa sebesar 1,1 miliar dolar Amerika setiap bulannya.
Indonesia, negara berkembang yang juga mengandalkan sektor pariwisata. Sektor pariwisata yang tadinya sebagai sumber pendapatan negara, kini mengalami kerugian. Contohnya pariwisata Bali nyaris tumbang hingga 70 persen dari hari biasa.

Kerugian yang dirasakan beberapa negara dunia ini sungguh memprihatinkan. Karena sektor pariwisata sendiri merupakan jalan penting terjadinya pemasukan devisa negara. Selian pariwisata ada juga dampak yang terjadi pada negara seluruh dunia.

Dampak Besar Pandemi Bagi Seluruh Dunia

Berdasarkan dari data IMF penyusutan ekonomi global sebesar 3% karena adanya pandemi corona ini. Dibandingkan dengan kejadian di tahun 1930 yang juga merupakan sebuah fenomena krisis global. Namun saat ini sangat mengkhawatirkan. Diprediksi oleh IMF, yaitu lembaga moneter dunia. Bahwa pertumbuhan ekonomi dunia akan mengalami kestabilan angka di tahun 2021 dengan pertumbuhan 5,2%.

Dampak yang besar yang paling dirasakan yaitu negara-negara berkembang. Terutama pada ekonomi negara tersebut yang kian terpuruk dan sangat memprihatinkan. Sebut saja Indonesia yang dalam beberapa bulan ini sudah semakin mengenaskan. Banyaknya pengangguran saat ini hingga masyarakat yang begitu terdampak di berbagai bidang akibat hantaman pandemi corona.

Semua negara merasakan hal yang sama, yaitu dampak yang ditimbulkan telah mempengaruhi berbagai sektor. Hingga kerugian yang ditanggung negara dalam kurun waktu beberapa bulan terakhir ini. Perlu strategi jitu dari negara masing-masing untuk tetap bertahan dari fenomena pandemi corona ini.

Dengan memperhatikan berbagai macam peluang dan taktik untuk tetap memutar roda perekonomian rakyat di tengah pandemi. Dengan mengandalkan dana bantuan untuk mengcover semua sektor. Agar negaranya tetap bertahan dan perekonomian berjalan sebagaimana mestinya.

Pratama Bisri
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top