Finansial

Dampak Corona Lebih Luas Dibanding Krisis Keuangan Global

Corona, sebuah pandemi yang mendunia telah memberikan dampak krisis keuangan global. Semua negara merasakan hal yang serupa tentang krisis yang diderita akibat pandemi yang berkepanjangan. Tak hanya menyerang korban jiwa, Corona seakan menyerang berbagai macam sektor roda kehidupan di berbagai belahan dunia. Negara-negara maju dan berkembang melakukan banyak cara untuk tetap bertahan di tengah terpuruknya ekonomi global.

Masa Resesi Bagi Amerika Serikat, Corona Hentikan Kegiatan Ekonomi

Dampak Corona Lebih Luas Dibanding Krisis Keuangan Global

Dampak Corona Lebih Luas Dibanding Krisis Keuangan Global

Sejak virus corona merebak di Amerika Serikat dan menjadikan Amerika sebagai negara yang paling terdampak kasus virus corona ini dengan jumlah korban meninggal akibat virus corona menjadi paling atas dalam daftar dunia. Akibatnya Amerika mengalami keterpurukan dalam sektor ekonomi.

Amerika mengalami resesi yang begitu panjang serta krisis keuangan global. Ada banyak pekerja di Amerika Serikat lebih dari 6 juta orang mengajukan bantuan dikarenakan kehilangan pekerjaan. Hal ini memang menjadi semakin mencekam dikarenakan dampak dahsyat virus corona. Oleh karena itu, solusi Amerika adalah mengambil langkah menyelesaikan krisis kesehatan selanjutnya mulai perlahan berbenah dalam sistem ekonomi secara bertahap.

Ekspor Cina Anjlok, Ekonomi Cina Tergerogoti Corona

Ekspor Cina mengalami penurunan yang begitu drastis hingga 17 %. Bahkan dikabarkan bahwa akibat virus corona ini Cina mengakhiri perjanjian dagang dengan Amerika Serikat secara parsial. Dan melakukan komitmen untuk meningkatkan pembelian jasa dan barang dari Amerika Serikat hingga 200 dollar Amerika.
Selain itu pabrik-pabrik di Cina berhenti melakukan kegiatan bahkan perusahaan kecil pun melakukan PHK kepada pegawainya.

Negeri Tirai Bambu ini juga merupakan penyedia bahan baku untuk industri bagi beberapa negara adidaya dunia. Karena Corona, tentu berhenti sementara hingga semua pulih kembali. Akibatnya negara-negara yang butuh bahan baku tersebut pun terhenti produksinya. Cina, begitu sangat penting, karena merupakan eksportir terbesar di dunia dan disana sepertiganya merupakan sektor manufaktur untuk dunia. Tentu akan berpengaruh secara global.

Ekonomi di Indonesia Terpuruk, Tumbuh Negatif Hingga 0,4 Persen

Indonesia merupakan negara berkembang, adanya pandemi Corona ini begitu membuat Indonesia semakin terpuruk. Terutama bagi orang-orang yang memiliki pekerjaan harian, seperti tukang ojek, buruh, pedagang. Mereka langsung merasakan dampak yang begitu drastis, apalagi adanya krisis keuangan global. Banyak masyarakat yang termasuk ekonomi ke bawah inilah yang semakin terdampak. Harga semakin mahal, ada beberapa buruh yang kehilangan pekerjaan.
Angka nilai rupiah yang semakin naik terhadap Dollar, semakin menambah situasi ekonomi di Indonesia semakin tidak stabil. Pada sektor pariwisata di Indonesia sendiri mengalami dampak yang besar begitu juga UMKM yang ada di Indonesia.

Italia, Salah Satu Negara Uni Eropa Yang Terdampak Paling Besar

Corona begitu cepat menyebar di Italia dengan tingkat kematian begitu tinggi hampir seperti negara Cina. Kejadian ini tentu berdampak pada ekonomi Italy. Berlakunya sistem lock down tentu membuat segala sektor terhenti. Mulai dari krisis ekonomi hingga antrian panjang kebutuhan pokok.
Banyaknya pembatalan wisata menjadikan perekonomian Italy semakin terpuruk. Di dalam negeri sendiri adanya penangguhan untuk pembayaran obligasi serta adanya utang swasta serta publik. Krisis ini semakin meningkat dengan pandemi yang belum usai, beberapa negara Uni Eropa lainnya pun merasakan hal yang sama, terpuruk secara ekonomi.

Dengan adanya nasib yang sama di seluruh dunia, tentu setiap negara memikirkan cara untuk tetap bertahan pada krisis keuangan global yang terjadi saat ini. Negara-negara bahkan bekerjasama untuk bisa membuat stabil perekonomian dunia dengan meminta bantuan Bank Dunia, terutama bagi negara-negara berkembang yang sangat lebih terpuruk menghadapi krisis yang terjadi.

Pratama Bisri
1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Pandemi Corona Membuat Kerugian Besar Di Negara Terdampak

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
To Top