Emas

Investasi Emas Batangan VS Emas Perhiasan, Cuan Mana?

Investasi Emas Batangan VS Emas Perhiasan, Cuan Mana?

Investasi Emas Batangan VS Emas Perhiasan, Cuan Mana?

Investasi emas menjadi salah satu instrumen yang menjadi pilihan dari banyak investor saat banyak jenis investasi lain terkadang memberikan hasil yang kurang maksimal. Dan bagi para pemula, emas dapat dijadikan sebagai pilihan untuk pertama kali berinvestasi. Tentunya investasi emas sendiri merupakan investasi yang dapat dijangkau oleh semua kalangan.

Tidak hanya itu, investasi emas juga mempunyai kelebihan. Seperti kebal inflasi, tidak mudah rusak, berisiko minim, dan tidak memerlukan modal yang besar. Saat ini ada dua jenis emas yang banyak dibeli masyarakat seperti emas perhiasan dan emas batangan. Lantas, apa perbedaan dari keduanya? Dan mana yang lebih menguntungkan, emas batangan atau emas perhiasan?

Artikel ini akan mengulas lebih lengkap terkait perbedaan investasi emas batangan dan emas perhiasaan. Untuk itu, bagi Anda yang tertarik dengan investasi logam mulia ini. Maka artikel berikut menjadi penting untuk Anda baca. Dan berikut adalah ulasan lengkapnya!

Baca Juga: Tips Investasi Emas Untuk Pemula

Pengertian Investasi Emas

Dalam penjelasannya, investasi emas merupakan aktivitas untuk menjadikan logam mulia sebagai alat investasi. Hal ini dengan tujuan agar mendapatkan manfaat nilainya di masa depan. Dan sangat jarang orang melakukan investasi emas untuk jangka pendek. Pasalnya, semakin lama diinvestasikan, harga emas semakin bertambah nilainya.

Sejak dulu emas memang dikenal sebagai salah satu produk investasi yang paling diminati. Anda dapat membeli emas fisik atau batangan di harga rendah, lalu disimpan di brankas atau tempat penyimpanan lain. Kemudian Anda dapat menjual saat harganya meningkat tinggi untuk mendapatkan profit.

Dan dapat dikatakan, dibutuhkan waktu bertahun-tahun untuk meraih profit dari investasi emas. Umumnya, investor menjadikan emas sebagai investasi jangka panjang, di atas 10 tahun. Meski risiko investasi emas dianggap tergolong cukup rendah, tapi Anda masih terekspos risiko pasar atau perubahan harga.

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mengelola risiko rugi pada investasi emas adalah dengan strategi cost averaging. Dengan strategi ini, Anda perlu investasi secara konsisten setiap bulan, tak peduli bagaimana harga emas saat ini.

Investasi Emas Batangan

Mengutip berbagi sumber, dijelaskan bahwa emas batangan adalah jenis logam mulia yang bentuknya batangan dan tidak berupa mata uang. Sebutan lain dari emas batangan, yaitu emas lantakan. Kadar emas murni pada emas batangan umumnya 24 karat.

Emas batangan sendiri sering digunakan untuk investasi jangka panjang. Ketika membeli emas batangan, Anda akan mendapatkan sertifikat yang berisi informasi terkait berat, ukuran, serta kadar karat logam mulia. Berdasarkan ukurannya, emas batangan dibedakan menjadi Gold Bar Cast dan Gold Bar Minted. Sekadar informasi, berdasarkan mereknya, emas batangan terbagi menjadi Antam, Big Gold, Lotus Archi, UBS, dan Galeri 24.

Investasi Emas Perhiasaan

Sementara itu, emas perhiasan diartikan sebagai logam mulia berwarna kuning yang sengaja dibentuk dengan berbagai macam desain. Serta model, bentuk, warna dan variasi ukuran, seperti cincin, gelang, anting, dan kalung. Tambahan informasi, emas perhiasan dibuat dengan menggunakan campuran bahan lain, sehingga kadar kemurnian emasnya berbeda-beda, ada yang 15%, 30%, hingga 99,9%.

Baca Juga: Perbedaan Investasi Emas dan Trading Emas

Mana yang Lebih Menguntungkan?

Secara garis besar, dari kedua jenis investasi emas tersebut tentu memiliki kerakteristik serta keunggulan masing-masing. Dan tentunya Anda pun dapat memilih jenis emas mana yang paling tepat bagi investasi yang akan dilakukan.

Karena seperti yang diketahui, pemilihan jenis emas tertentu akan sangat mempengaruhi nilai investasi Anda di kemudian hari. Hal ini menjadi sangat penting bagi Anda untuk mempertimbangkannya sejak awal. Sehingga investasi yang akan dilakukan dapat berhasil dengan maksimal.

Bagi banyak orang, investasi emas batangan lebih banyak memberi keuntungan. Tetapi, bagi Anda yang peduli terhadap penampilan, maka investasi emas perhiasan dapat menjadi pilihan. Baik investasi emas dalam bentuk batangan ataupun emas dalam bentuk perhiasan, keduanya akan memberikan nilai yang berbeda dalam investasi yang dilakukan.

Namun jika tujuan dari investasi yang Anda lakukan dalam jangka waktu cukup panjang, maka lebih baik melakukan investasi dalam bentuk emas batangan. Pasalnya, emas dalam bentuk ini nanti akan memiliki nilai jual lebih stabil dibandingkan dengan emas perhiasan. Selain itu, kemurnian dari emas batangan ini ternyata jauh lebih terjamin. Ini karena setiap pembelian dilakukan akan disertai dengan sertifikat yang di dalamnya mencakup ukuran, berat, dan tingkat kadarnya.

Sementara itu, pembelian emas dalam bentuk perhiasan akan dikenai sejumah biaya pembuatan yang bisa dibilang cukup besar sekali. Meski begitu, investasi emas dalam bentuk perhiasan ini lebih mudah didapatkan dibandingkan dengan emas batangan. Mengingat, ada banyak sekali toko emas yang menjual emas dalam bentuk perhiasan. Tak heran, investasi dalam bentuk emas perhiasan tersebut bahkan masih cukup banyak dilakukan sampai saat ini.

Tips Investasi Emas

Ada sejumlah tips yang dapat Anda pelajari sebelum menentukan pilihan investasi emas, baik itu batangan ataupun perhiasan. Dan inilah tipsnya:

1. Tentukan apa tujuan investasi yang akan Anda lakukan.
2. Pentingnya mengetahui harga emas terbaru di pasaran.
3. Pilihlah tempat membeli emas yang aman.

Baca Juga: Investasi Emas dan Faktor Penggerak Harga

Kesimpulan

Itulah ulasan lengkap mengenai investasi emas batangan dan perhiasan. Semoga penjelasan di atas dapat menambah wawasan Anda terkait dunia investasi. Tapi ada satu hal penting yang perlu Anda perhatikan terkait investasi emas. Yaitu, disarankan agar tidak berinvestasi dalam bentuk emas pada saat harga emas melonjak tinggi. Sebab yang demikian ini juga akan beresiko menimbulkan kerugian di masa akan datang, terutama apabila harga emas turun di pasaran.

Salam profit!

William Adhiwangsa
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

hadiah trading octafx
To Top