Bisnis

Kaya 7 Turunan dengan 8 Keuntungan Investasi Emas

Berinvestasi emas memiliki keuntungan tersendiri. Misalnya menjaga kekayaan, pencairan lebih mudah, dan hadir dalam berbagai bentuk.

Karena itu, emas masih menjadi favorit instrumen investasi di mata masyarakat.

Kaya-7-Turunan-dengan-8-Keuntungan-Investasi-Emas

Kaya 7 Turunan dengan 8 Keuntungan Investasi Emas

Inilah 8 keuntungan investasi emas.

1. Modal investasi bisa kecil
Saat ini, Pegadaian sudah menyediakan fasilitas menabung emas dengan modal Rp 5.000 saja. Bahkan, beberapa online marketplace di Indonesia membuka jasa transaksi emas secara daring. Cukup lewat top up dana sebesar Rp 10.000, Anda sudah bisa berinvestasi emas.

2. Bentuk bisa diubah sesuai keinginan
Jenis-jenis emas seperti emas batangan, emas koin, dan emas perhiasan. Emas seperti ini bisa diubah sesuai keinginan. Apa saja perbedaannya? Berikut pembahasannya.

Emas batangan

Emas batangan umumnya digunakan untuk investasi jangka panjang. Karena, emas batangan bernilai jual stabil. Karat emas batangan hadir dari 22 hingga 24 karat.

Umumnya, emas batangan bisa didapatkan melalui distributor resmi. Misalnya Aneka Tambang (ANTAM), Pegadaian, dan Pegadaian Syariah.

Emas koin

Dari segi kadar karat dan nilai, sebenarnya emas koin hampir sama dengan emas batangan. Hal yang membedakannya dari segi bentuk saja. Apakah Anda tertarik investasi emas koin?

Emas perhiasan

Emas perhiasan masih menjadi primadona masyarakat sebagai investasi. Misalnya cincin, gelang, kalung, anting, dan sejenisnya ini cukup laris.

Tujuan hadirnya emas perhiasan yakni untuk berhias, mahar perkawinan, dan status sosial. Bagaimana jika dijadikan investasi?

Jika dibandingkan emas batangan dan koin, emas perhiasan mengalami perubahan bentuk dan modifikasi. Karena itu, emas perhiasan kemungkinan besar dapat mengalami penurunan nilai dan harga seiring perkembangan zaman dan tren.

3. Risiko rendah
Keuntungan investasi emas adalah volatilitas harga yang statis dalam periode jangka pendek. Sehingga, risiko investasi emas jauh lebih kecil dibandingkan instrumen investasi lainnya.

Harga emas juga tidak begitu mengalami fluktuasi, baik itu naik atau turun. Inilah yang membedakan emas dengan saham.

4. Kualitas stabil, pergerakan nilai wajar
Pergerakan nilai harga emas cukup wajar. Sementara kualitasnya juga tidak mengalami pergeseran. Berbeda dengan investasi di sektor keuangan, pergerakan nilai harga dan kualitasnya cukup dinamis dan tidak pasti.

5. Mudah dicairkan

Keunggulan investasi emas hingga kini adalah mudah dicairkan. Bahkan di toko emas sekali pun.

Lebih canggihnya, emas bisa dicairkan dalam bentuk dana yang ditransfer ke rekening. Ini berlaku untuk emas yang dijual di online marketplace.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir untuk memenuhi kebutuhan dana darurat dengan mencairkan emas yang dimiliki.

6. Melindungi kekayaan
Karena volatilitas harga yang stabil, emas jauh lebih tahan saat inflasi melanda. Nilainya juga tetap, bahkan naik saat inflasi. Jika dijual 5 atau 10 tahun kemudian, Anda mendapatkan keuntungan. Asal, kondisi ekonomi dan masyarakat tetap stabil.

7. Penyelamat investasi saham
Sebagai instrumen investasi, emas menjadi penyelaman investasi saham. Tepatnya sebagai bagian diversifikasi. Jika harga saham menurun drastis, Anda masih bisa selamat dengan emas yang nilainya relatif stabil.

8. Dapat menjadi jaminan
Karena emas mudah dicairkan, tidak jarang emas juga bisa menjadi jaminan. Apalagi jika Anda butuh uang mendadak, namun tidak ingin menjual atau mencairkan investasi.

Emas juga mudah dijaminkan saat Anda mengajukan pinjaman. Emas berfungsi sebagai jaminan kredit.

Itulah 8 keuntungan investasi emas. Sudah berapa gram emas yang Anda miliki?

Johnson Manik
2 Comments

2 Comments

  1. Pingback: 4 Tips Investasi Emas Agar Menghasilkan Keuntungan

  2. Pingback: Strategi Trading Emas, dalam 5 Menit Keuntungan Maksimal !

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top