Forex

Karakteristik Trader dan Kesuksesannya, Anda Tipe Yang Mana?

Faktor psikologis seringkali dikaitkan dengan berbagai hal termasuk dalam bidang pekerjaan. Maka dengan begitu, bisnis trading pun memiliki jenis-jenis kepribadian dari para pelakunya. Dan kepribadian dari seorang trader juga memiliki andil yang besar dalam meraih kesukseksan.

Karakteristik-Trader-dan-Kesuksesannya-Anda-Tipe-Yang-Mana

Karakteristik Trader dan Kesuksesannya, Anda Tipe Yang Mana

Seorang psikolog profesional dan pelatih trader, Dr. Van K. Thap, menjabarkan bahwa ada 15 jenis karakteristik kepribadian dari trader.

Berikut 15 Jenis Karakteristik Trader Tersebut:

  1. Trader Administrasi
  2. Trader Petualang
  3. Trader Perencana
  4. Trader Inovatif
  5. Trader Bertanggung Jawab
  6. Trader Strategis
  7. Trader Pengejar Nilai
  8. Trader Akurat
  9. Trader Artistik
  10. Trader Detail
  11. Trader Pecinta Kesenangan
  12. Trader Independen
  13. Trader Spontan
  14. Trader Suportif
  15. Trader Fasilitatif
  16. Dari 15 jenis kepribadian di atas, paling terbaik dan cocok untuk trading hanya ada dua: Trader Strategis dan Trader Perencana. Trader dengan kepribadian strategis dan perencana memiliki kemungkinan terbaik untuk sukses sebagai trader. Orang-orang dengan kepribadian jenis ini akan cenderung memiliki profit yang sukses saat trading tapi mereka juga mampu mengatasi kondisi pasar trading dengan fleksibilitas mental mereka.

    Dengan pembagian kepribadian tersebut, trader-trader dengan pribadi detail, inovatif, bertanggung jawab, akurat, petualang, spontan, independen, fasilitatif, pengejar nilai, dan administratif juga bisa menjadi trader sukses karena observasi diri dalam mengembangkan sifat kepribadian yang mendekati sebagai trader perencana atau trader strategis.

    Karakteristik-Trader-dan-Kesuksesannya-Anda-Tipe-Yang-Mana

    Karakteristik Trader dan Kesuksesannya, Anda Tipe Yang Mana

    Tapi ada juga 3 jenis kepribadian yang menurut Dr. Tharp tidak begitu cocok dalam trading, yaitu trader pecinta kesenangan, suportif, dan artistik. Trader dengan kepribadian ini harus melewati usaha dan tantangan yang cukup besar dalam memperoleh kesuksesan dalam trading.

    Bagaimanapun, untuk menjadi trader yang sukses tidak melulu berdasar sifat kepribadian. Kemauan untuk terus belajar dan mau membantu trader yang lain adalah cara terbaik untuk menjadi trader yang sukses.

    Bagaimana, anda di tipe kepribadian yang mana?

    Benny Faizal
    Click to comment

    Leave a Reply

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top