Saham

Memahami Pengertian Istilah Indeks IDX30 pada Saham

Memahami Indeks IDX30 pada Saham

Memahami Indeks IDX30 pada Saham

Saham merupakan salah satu investasi yang memberikan keuntungan besar dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Pasalnya, investasi ini dapat dikatakan sebagai salah satu jenis investasi yang bisa memberikan return atau keuntungan tinggi jika dibandingkan dengan jenis investasi yang lainnya. Dan sebagai sebagai fasilitator investasi di Indonesia, Bursa Efek Indonesia (BEI) mengeluarkan beberapa indeks saham, salah satunya adalah IDX30. Apa itu indeks IDX30?

Tentu sebagai investor, Anda juga harus memiliki pengetahuan yang cukup dan juga pengalaman yang memadai, termasuk mengetahui istilah-istilah investasi saham. Nah, pada kesempatan kali ini mari membahas tentang indeks IDX30 yang terdapat pada dunia saham.

Baca Juga: Apa Perbedaan Bursa Saham dan Bursa Berjangka?

Pengertian Indeks IDX30

Diktuip dari berbagai sumber, dijelaskan bahwa indeks IDX30 merupakan indeks saham yang mengukur kinerja harga dari 30 saham. Dimana daftar 30 saham tersebut memiliki likuiditas tinggi dan kapitalisasi pasar besar serta didukung oleh fundamental perusahaan yang baik.

Indeks saham sendiri diartikan sebagai ukuran statistik yang mencerminkan keseluruhan pergerakan harga, atas sekumpulan saham yang dipilih berdasarkan kriteria dan metodologi tertentu. Singkatnya, indeks saham adalah pengukuran nilai pada pasar saham. Indeks saham dievaluasi secara berkala.

Karena berhubungan dengan likuiditas dan tingkat kapitalisasi, daftar saham pada IDX30 ini kerap berganti. BEI akan melakukan evaluasi minor dan mayor terhadap saham-saham yang terdapat di dalam kelompok indeks saham IDX30 tiap 3-6 bulan sekali. Jika memang performanya turun, maka posisinya akan digantikan dengan saham dengan tingkat likuiditas dan kapitalisasi yang lebih tinggi.

Fungsi dari indeks IDX03 sendiri yaitu bisa digunakan untuk mengerucutkan pilihan pada saat berencana berinvestasi saham yang likuid. Selain itu juga bisa digunakan untuk saham yang memiliki kapitalisasi pasar besar.

Baca Juga: Memahami Istilah Auto Reject, ARA, dan ARB pada Saham

Perbedaan Indeks IDX30 dan LQ45

Untuk informasi, indeks LQ45 sendiri merupakan indeks yang terdiri dari 45 saham dengan likuiditas tinggi, kapitalisasi pasar besar dan fundamental perusahaan yang baik. Saham pada LQ45 merupakan 45 saham yang memenuhi kriteria tersebut dan selalu dievaluasi dan disesuaikan setiap 6 bulan.

Sementara fungsinya, indeks LQ45 dapat dipakai sebagai pelengkap indeks IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan. Anda juga bisa mendapatkan manfaat lain dari LQ45 ini, yaitu ketersediaan sarana yang kredibel dan objektif untuk para manajer investasi, investor, pemerhati pasar modal dan financial analyst.

Dan perbedaan antara IDX30 dengan LQ45 hanyalah berbeda pada ruang lingkupnya. Dapat dikatakan bahwa IDX30 memiliki ruang lingkup lebih kecil daripada LQ45. Adapun saham–saham yang terdapat dalam IDX30 merupakan saham-saham yang berasal dari saham LQ45.

Baca Juga: Running Trade Saham: Pengertian dan Manfaatnya Bagi Investor

Kesimpulan

Secara umum, saham-saham yang termasuk dalam indeks IDX30 bukan berarti 30 saham terbaik di Indonesia. Meski begitu, jika memang sesuai dengan preferensi investasi yang Anda inginkan, maka daftar indeks IDX30 dapat menjadi dasar untuk pertimbangan yang baik.

Pencarian sesuai topik:

  • Saham online
Benny Faizal
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top