Saham

Running Trade Saham: Pengertian dan Manfaatnya Bagi Investor

Running Trade Saham: Pengertian dan Manfaatnya Bagi Investor

Running Trade Saham: Pengertian dan Manfaatnya Bagi Investor

Meski hanya berupa tampilan angka, namun running trade saham merupakan salah satu hal yang wajib investor perhatikan. Barangkali sebagian besar dari Anda pernah mendegar atau melihat, namun belum memahami betul tentang running trade tersebut. Untuk itu pada kesempatan ini, mari mengulas istilah running trade yang terdapat pada investasi saham, termasuk mengenai pengertian dan manfaatnya. Untuk itu, silahkan menyimak penjelasannya secara lebih lengkap pada artikel berikut ini!

Pengertian Running Trade Saham

Dalam penjelasannya, istilah running trade saham adalah papan pencatatan transaksi semua saham di bursa dalam sebuah layar. Dimana proses pencatatan ini akan berjalan terus menerus bahkan setiap detik. Oleh sebab itu, pencatatan ini seperti pergerakan angka yang sangat cepat. Secara singkatnya, running trade merupakan daftar transaksi dari seluruh saham di Bursa Efek yang sedang diperdagangkan secara real time.

Sebenarnya, running trade saham ini bukanlah sesuatu yang penting. Karena ada yang lebih penting, yaitu transaksi itu sendiri. Sementara running trade saham hanyalah sebuah pencatatan dari sebuah transaksi. Meski begitu, Anda tidak boleh untuk menganggapnya sebagai hal kecil dan sepele. Pasalnya, running trade dapat membantu Anda untuk mengetahui emiten apa yang sedang ramai ditransaksikan.

Baca Juga: Bandar Saham: Pengertian, Cara Kerja, Dan Tips Menghindarinya

Bagian Tampilan Running Trade Saham

Ada beberapa hal yang terdapat pada tampilan running trade saham. Diantaranya adalah yang pertama ada catatan waktu ketika perdagangan terjadi. Selain itu juga ada kode saham yang sedang diperjualbelikan dan juga harganya. Yang menarik di sini adalah adanya keterangan berapa perubahan pergerakan harga tersebut.

Jika angka berwarna merah dan ada tanda segitiga terbalik, artinya harga saham sedang turun. Sementara jika angka berwarna hijau dan ada segitiga mengarah ke atas, artinya saham tersebut mengalami kenaikan harga. Persentase kenaikan dan penurunan ini juga bisa dilihat pada kolom Change. Di samping Change, juga terdapat volume yang menggambarkan seberapa banyak saham yang aktif di waktu yang sama.

Di waktu sebelumnya Anda sebagai juga dapat melihat kode broker di running trade saham ini, sehingga Anda pun bisa tahu siapa yang membeli saham-saham tersebut. Namun, sekitar akhir tahun 2021, kode broker saham ini dihapus atas kebijakan Bursa Efek Indonesia.

Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi herding behavior dan front running di pasar saham. Sebagai informasi, herding behavior merupakan aksi ikut-ikutan atas keputusan investor lainnya, baik dengan sebab irasional (panik atau euforia) maupun rasional. Sementara front running dapat diartikan sebagai aksi “curi start” dengan cara mengeksploitasi informasi terkait transaksi yang akan terjadi demi keuntungan pribadi.

Baca Juga: Apa Perbedaan Saham Syariah dan Saham Konvensional?

Poin-Poin Penting yang Perlu Anda Harus Pahami

Setidaknya terdapat 9 poin mengenai running trade saham yang harus Anda perhatikan dan pahami. Yaitu:

1. Time: waktu saham ditransaksikan
2. Symbol: kode saham yang sedang ditransaksikan
3. Price: harga saham yang ditransaksikan
4. Side: Jika buy artinya beli, sedangkan sell berarti jual di harga Price
5. Value: nilai saham yang ditransaksikan
6. Buyer Code: kode broker yang sekuritas yang membeli
7. Buyer Type: D (domestik/lokal), F (foreign/asing)
8. Seller Code: kode broker yang menjual saham
9. Seller Type: Lokal dan asing yang menjual saham

Manfaat Running Trade Saham

Ada beberapa fungsi dari running trade saham yang dapat Anda manfaatkan, yakni:

1. Dapat memantau harga secara real time.
2. Dapat membantu banyak trader saham khususnya day trader.
3. Anda dapat menggunakannya untuk mencari tahu saham yang tengah naik.
4. Dapat digunakan untuk mendeteksi adanya bom transaksi dalam satu saham.

Baca Juga: Definisi IHSG dan Manfaatnya bagi Investor Saham

Kesimpulan

Itulah ulasan lengkap mengenai running trade saham. Meski menawarkan sejumlah kelebihan, namun running trade tetap tak luput dari kelemahan. Yaitu, running trade selalu bergerak sangat cepat, bahkan dalam 1 detik bisa terjadi banyak transaksi. Bagi mereka yang belum terbiasa, running trade dapat dianggap sebagai hal yang membingungkan.

Dan mengulang penjelasan di atas, running trade saham ini bukanlah sesuatu yang penting. Meski begitu, Anda tidak boleh untuk menganggapnya sebagai hal kecil dan sepele. Pasalnya, running trade dapat membantu Anda untuk mengetahui emiten apa yang sedang ramai ditransaksikan.

Salam profit!

Benny Faizal
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top