Saham

Penjelasan After Hours Trading Saham Bagi Pemula

Penjelasan After Hours Trading Saham Bagi Pemula

Penjelasan After Hours Trading Saham Bagi Pemula

Bagi para investor saham, perdagangan saham menjadi salah satu cara untuk menghasilkan keuntungan dalam jangka panjang. Namun, tidak semua investor saham tahu bahwa perdagangan saham tidak hanya terjadi selama jam perdagangan reguler di bursa saham, tetapi juga dapat dilakukan pada waktu lainnya, yang disebut after-hours trading saham.

Artikel ini akan membahas tentang keuntungan dan risiko yang terkait dengan after-hours trading saham. Serta memberikan beberapa tips bagi pemula yang ingin memulai perdagangan saham pada waktu yang tidak biasa. Untuk itu, ulasan ini menjadi penting untuk Anda baca. Berikut penjelasan lengkapnya!

Baca Juga: Apa Saja Perbedaan Antara Investasi Saham dan Trading Saham?

Definisi After-Hours Trading Saham

Sebelum membahas tentang keuntungan dan risiko dari after-hours trading saham, perlu diketahui terlebih dahulu apa itu after-hours trading saham. After-hours trading saham adalah perdagangan saham yang dilakukan di luar jam perdagangan reguler di bursa saham. Jam perdagangan reguler biasanya dimulai dari pukul 9 pagi hingga pukul 4 sore, sedangkan after-hours trading saham dapat dilakukan setelah jam perdagangan reguler berakhir.

Perbedaan antara jam perdagangan reguler dengan after-hours trading adalah waktu perdagangan yang diperbolehkan. Pada jam perdagangan reguler, perdagangan saham dilakukan di bursa saham dengan melibatkan banyak pedagang yang saling bertukar saham. Sedangkan pada after-hours trading saham, perdagangan saham dilakukan secara elektronik melalui platform perdagangan online, dan biasanya melibatkan hanya beberapa pedagang saja.

Waktu perdagangan yang diperbolehkan pada after-hours trading saham bervariasi tergantung pada bursa saham. Pada umumnya, after-hours trading saham dimulai setelah jam perdagangan reguler berakhir dan berlangsung hingga pukul 8 malam. Namun, di beberapa bursa saham, after-hours trading saham dapat berlangsung hingga pukul 9 atau 10 malam.

Keuntungan dan Risiko

Setiap jenis perdagangan saham pasti memiliki keuntungan dan risiko yang terkait. Begitu juga dengan after-hours trading saham. Mari kita bahas beberapa keuntungan dan risiko dari after-hours trading saham.

1. Kesempatan untuk Mereaksi Pergerakan Harga Setelah Sesi Perdagangan Reguler Berakhir

Salah satu keuntungan dari after-hours trading saham adalah kesempatan untuk mereaksi pergerakan harga setelah sesi perdagangan reguler berakhir. Ada beberapa peristiwa yang dapat mempengaruhi pergerakan harga saham, seperti berita perusahaan atau kondisi ekonomi.

Setelah sesi perdagangan reguler berakhir, investor tidak dapat lagi melakukan perdagangan saham, sehingga mereka tidak dapat mereaksi pergerakan harga saham yang terjadi setelah jam perdagangan reguler berakhir. Namun, dengan after-hours trading saham, investor masih dapat mengakses perdagangan saham dan mereaksi pergerakan harga saham yang terjadi pada waktu setelah jam perdagangan reguler berakhir.

Baca Juga: Window Dressing Saham: Pengertian, Cara Kerja, dan Dampak Bagi Investor

2. Potensi untuk Mendapatkan Keuntungan Lebih Besar

Disamping itu, after-hours trading saham juga dapat memberikan potensi untuk mendapatkan keuntungan lebih besar. Karena hanya sedikit pedagang yang terlibat dalam perdagangan saham pada waktu ini, pergerakan harga saham bisa menjadi lebih volatil. Jika investor dapat melakukan perdagangan saham dengan benar, mereka dapat memperoleh keuntungan yang lebih besar.

Risiko After-Hours Trading Saham

1. Likuiditas Rendah

Salah satu risiko dari after-hours trading saham adalah likuiditas rendah. Karena hanya sedikit pedagang yang terlibat dalam perdagangan saham pada waktu ini, jumlah saham yang diperdagangkan juga cenderung lebih sedikit. Hal ini dapat menyebabkan kesulitan dalam menjual saham ketika harga saham turun atau ketika terjadi perubahan kondisi pasar yang tidak terduga.

2. Volatilitas Tinggi

Selain itu, after-hours trading saham juga dapat menghadirkan risiko volatilitas yang tinggi. Karena hanya sedikit pedagang yang terlibat dalam perdagangan saham pada waktu ini, pergerakan harga saham dapat menjadi sangat volatil. Hal ini dapat menyebabkan fluktuasi harga yang besar dan tidak terduga.

3. Keterbatasan Informasi yang Tersedia

Terakhir, risiko dari after-hours trading saham adalah keterbatasan informasi yang tersedia. Karena waktu perdagangan pada after-hours trading saham terbatas, informasi mengenai perusahaan yang diperdagangkan pada waktu tersebut mungkin kurang lengkap. Hal ini dapat menyebabkan kesulitan dalam melakukan analisis fundamental dan teknikal yang akurat sebelum melakukan perdagangan saham.

Tips untuk Memulai After-Hours Trading Saham

Bagi pemula yang tertarik untuk memulai after-hours trading saham, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan:

1. Memahami Tujuan dan Strategi Trading yang Ingin Dilakukan

Sebelum memulai after-hours trading saham, pemula perlu memahami tujuan dan strategi trading yang ingin dilakukan. Mereka perlu menentukan apakah ingin berdagang jangka panjang atau jangka pendek, serta menentukan strategi trading yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut.

2. Memilih Platform Trading yang Tepat

Selanjutnya, pemula perlu memilih platform trading yang tepat untuk melakukan after-hours trading saham. Pilihlah platform trading yang telah terpercaya dan memiliki fitur-fitur yang memadai untuk melakukan analisis pasar dan melakukan perdagangan saham pada waktu yang tepat.

Baca Juga: Perbedaan Antara Investor dan Trader dalam Saham

3. Memperhatikan Risiko dan Pengelolaan Modal

Pemula juga perlu memperhatikan risiko dan pengelolaan modal ketika melakukan after-hours trading saham. Mereka harus mempertimbangkan risiko yang terkait dengan perdagangan saham pada waktu yang tidak biasa, dan melakukan pengelolaan modal yang baik untuk meminimalkan kerugian.

4. Menghindari Keputusan Trading yang Emosional

Para pemula juga perlu menghindari keputusan trading yang emosional. Mereka harus bertrading berdasarkan analisis yang rasional dan tidak terpengaruh oleh emosi atau sentimen pasar.

5. Belajar Dari Pengalaman

Terakhir, pemula perlu belajar dari pengalaman ketika melakukan after-hours trading saham. Mereka harus memperhatikan hasil trading yang telah dilakukan dan melakukan evaluasi terhadap keputusan yang telah diambil. Dengan begitu, mereka dapat terus belajar dan meningkatkan keterampilan trading mereka.

Baca Juga: Running Trade Saham: Pengertian dan Manfaatnya Bagi Investor

Kesimpulan

Sebagai kesimpulannya, meskipun memberikan potensi keuntungan yang lebih besar, after-hours trading saham juga memiliki risiko yang tinggi. Bagi pemula yang ingin memulai after-hours trading saham, disarankan untuk memperhatikan tips yang telah dijelaskan di atas. Dengan begitu, Anda dapat melakukan after-hours trading saham dengan lebih efektif dan mengoptimalkan potensi keuntungan yang dapat diperoleh.

Semoga artikel ini bermanfaat…

William Adhiwangsa
1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Mengungkap Potensi Pola Candlestick Doji dalam Trading Saham

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top