Finansial

Pertamina Beri Diskon Harga BBM 30%

Selama bulan Ramadhan, PT Pertamina (Persero) memberi diskon harga sebesar 30% untuk jenis bahan bakar minyak (BBM) umum jenis Pertamax dan Dex Series. Adapun diskon ini terhitung sejak 27 April hingga 23 Mei 2020.

Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, bahwa pemberian diskon ini adalah merupakan aksi koorporasi perusahaan untuk membantu meringankan beban masyarakat. Menurutnya, besaran nominal dari diskon senilai 30% ini lebih besar apabila dibandingkan dengan perhitungan harga BBM yang disimulasikan oleh publik.

Hingga saat ini, PT Pertamina memang masih menahan untuk tidak terburu-buru dalam melakukan penyesuaian harga BBM meski harga minyak dunia turun. Mengenai ini, Nicke menjelaskan bahwa Pertamina belum mengikuti harga minyak dunia. Lantaran, adanya Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM Nomor 62K/MEM/2020 yang diteken pada 28 Februari 2020 dan baru berlaku per 1 Maret 2020 lalu.

Pada aturan itu, penentuan harga BBM bergantung pada harga produk minyak hasil kilang di Singapura (Mean of Platts Singapore/MOPS) atau acuan Argus, yang mana perhitungan formula harganya menggunakan rata-rata harga publikasi dua bulan ke belakang untuk penetapan harga BBM di bulan berjalan.

Pertamina Beri Diskon Harga BBM 30%

Pertamina Beri Diskon Harga BBM 30%

Meski tidak menurunkan harga minyak, rencananya Pertamina akan ikut memangkas produksi minyaknya demi mendongkrak kembali harga minyak dunia yang sedang terpuruk. Seperti yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengenai kesepakatan Opec dan non-Opec, Indonesia akan memangkas produksinya hingga 9,7 barel per hari untuk produksi Mei hingga Juni tahun ini.

Dalam telekonferensi yang bertajuk Update Kinerja Pertamina pada Kamis (30/4/2020) kemarin, Nicke menjelaskan, “Dalam masa Ramadhan ini kita baru saja luncurkan diskon 30% untuk harga BBM. Kalau 30% ya dihitung saja, kalau misalnya pertamax harga dasarnya Rp 9.000 lalu diskon 30% kan lumayan ya”.

Ia pun mengajak baik konsumen rumah tangga maupun industri untuk membeli dalam jumlah yang banyak. Pasalnya, stok di Pertamina pun melimpah karena adanya penurunan permintaan di tengah pandemi virus corona.

Tidak hanya memberi diskon senilai 30%, Pertamina juga memberi cashback sebesar 50% bagi para pengemudi ojek online yang membeli dengan menggunakan aplikasi MyPertamina. Cashback tersebut akan masuk di account LinkAja milik pengemudi.

Benny Faizal
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top