Crypto

Usai Heboh GameStop, Investor Kini Mau Kerek Dogecoin

Saham GameStop tengah menjadi buah bibir di bursa Amerika Serikat (AS). Pasalnya, saham perusahaan penjual video dan konsol game berbasis di Texas, AS menjadi ajang pertempuran pasukan investor ritel dengan bandar besar Wall Street.

Mengutip dari CNN Business pada hari Jumat (30/1/2021) kemarin, berkaca dari kinerja saham GameStop, para bandar besar atau pialang saham Wall Street menggunakan teknik transaksi short selling untuk meraup keuntungan dari saham GameStop.

Untuk informasi, short selling adalah transaksi penjualan saham dimana penjual tersebut tidak memiliki saham saat bertransaksi.

Secara sederhana, short selling disebut jual kosong, karena transaksi dilakukan tanpa ketersediaan efek saham.

Pialang saham Wall Street itu meminjam saham GameStop dari perusahaan sekuritas untuk menjualnya di harga tinggi. Para pialang itu berspekulasi harga saham GameStop akan meroket, sehingga nanti mereka akan melepas sahamnya ketika harga tinggi.

Cryptocurenncy Dogecoin, koin digital yang awalnya dibuat sebagai lelucon, meroket pada hari Kamis (28/1/2021) setelah sebuah grup di Reddit berbicara tentang menjadikannya cryptocurrency yang setara dengan GameStop.

Mata uang kripto Dogecoin meroket hingga 800 persen akibat sebuah unggahan di forum Reddit.

Usai Heboh GameStop, Investor Kini Mau Kerek Dogecoin

Usai Heboh GameStop, Investor Kini Mau Kerek Dogecoin

Melansir dari Coingecko, harga Dogecoin berada di US$ 0,057410 pada pukul 10 pagi di hari Jumat (29/1/2021) waktu New York.

Seperti yang diketahui, Dogecoin dibuat pada tahun 2013 berdasarkan meme “doge” yang populer pada saat itu yang melibatkan anjing Shiba Inu. Logo Dogecoin adalah Shiba Inu dan dimulai sebagai lelucon, tetapi sejak itu terbentuklah komunitas.

Dogecoin diciptakan oleh programmer Billy Markus dari Portland, Oregon. Yang berharap dapat menciptakan mata uang kripto yang menyenangkan yang dapat mencapai demografis yang lebih luas daripada Bitcoin. Selain itu, ia ingin menjauhkannya dari sejarah kontroversial koin lainnya.

Meski Dogecoin dimulai sebagai lelucon, namun setelah diciptakan, koin ini memperoleh pengikut, dan pada akhir 2017 koin ini berpartisipasi dalam gelembung cryptocurrency yang menyebabkan nilai banyak koin meningkat secara signifikan.

Meskipun tidak setenar Bitcoin dan Eter,kebangkitannya dalam beberapa hari terakhir telah membuat antusiasme dari grup Reddit bernama SatoshiStreetBets.

Kapitalisasi pasar Dogecoin telah bertambah sekitar US$ 7,17 miliar dalam 24 jam, menurut data dari tutup Coinmarket pada hari Jumat (29/1/2021) pukul 12.03 siang waktu Singapura.

Total kapitalisasi pasarnya kini bahkan mencapai US$ 8,2 miliar. Itu menjadikannya cryptocurrency terbesar kesembilan.

Lita Alisyahbana
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
To Top