Crypto

Curi Listrik Kantor Polisi, Penambang Bitcoin Ditangkap

Kisah-kisah mengenai aktivitas penambangan mata uang kripto memang tidak ada habisnya jika dibahas. Salah satunya adalah mengenai kegiatan penambangan yang seringkali dianggap meresahkan lingkungan. Seperti yang diketahui, kegiatan menambang mata uang kripto dikenal menggunakan daya listrik yang tinggi, sehingga seringkali aktivitas ini justru dilakukan dengan cara mencuri listrik dari sumber berdaya besar.

Seperti yang terjadi di Warsawa Polandia, seorang pegawai sipil terpaksa diamankan oleh polisi karena nekat mencuri listrik di kantor kepolisian setempat demi aktivitas menambang Bitcoin. Mariusz Ciarka selaku juru bicara polisi Polandia mengatakan bahwa tersangka kasus pencurian listrik ini bukanlah petugas polisi yang bertugas meskipun Ia berstatus sebagai pegawai sipil.

Bahkan tersangka tidak hanya mencuri pasokan listrik saja, namun Ia juga menggunakan komputer milik kepolisian untuk menambang mata uang kripto. Menurut laporan beberapa media lokal, teknisi itu diketahui merupakan seorang pegawai sipil yang bekerja di Kantor Kepolisan di Warsawa.

Pelaku menggunakan komputer milik kepolisian yang sudah dimodifikasi untuk penambangan mata uang kripto, seperti dengan memasang software khusus dan mengganti kartu grafis.

Untuk informasi, penambangan kripto dilakukan dengan proses komputer. Dalam sistem kerjanya, alat elektronik ini akan mencetak mata uang virtual baru dan memvalidasi transaksi. Untuk mendapatkan hasil, penambang tentu membutuhkan banyak energi karena proses yang panjang. Prosesnya biasanya melibatkan sejumlah besar komputer canggih yang membentuk “rig“.

Terkait kasus ini, polisi Polandia mengatakan bahwa juga memunculkan kekhawatiran dalam perkara lain. Yakni, soal risiko bocornya database yang tersimpan di Kantor Kepolisian tersebut. Jaringan komputer menyimpan banyak informasi rahasia, seperti laporan dari pihak yang bekerja sama dengan kepolisian maupun file digital lain yang berisi informasi sensitif.

Namun, polisi mengklaim belum menemukan adanya perusakan di database mereka. Belum pula terdeteksi adanya pelanggaran Jaringan Transmisi Data Kepolisian internal.

Curi Listrik Kantor Polisi, Penambang Bitcoin Ditangkap

Curi Listrik Kantor Polisi, Penambang Bitcoin Ditangkap

Ciarka menjelaskan, “Perangkat yang dia gunakan tidak terhubung ke database manapun, dan kasus ini menjadi perhatian besar atas pencurian pasokan listrik yang digunakan untuk menambang mata uang kripto”.

Sementara itu, teknisi IT penambang mata uang kripto kabarnya telah diberhentikan dan kasusnya dilimpahkan ke kejaksaan wilayah Warsawa.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 1.069 mesin yang digunakan untuk menambang Bitcoin, dihancurkan oleh Kepolisian Kota Miri, Serawak, Malaysia dengan dilindas. Untuk informasi, ribuan alat mining Bitcoin tersebut disita oleh kepolisian setempat dalam sejumlah penggrebekan selama periode Februari hingga April tahun ini.

Mengutip dari CNBC Internasional hari Minggu (20/7/2021), Asisten Komisaris Polisi Hakemal Hawari menjelaskan bahwa tindakan keras itu dilakukan setelah penambang diduga mencuri listrik senilai US$ 2 juta (Rp 29 miliar) yang disedot dari saluran listrik Sarawak Energy.

William Adhiwangsa
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
To Top