Crypto

Elon Musk Beri Sinyal Tesla Bakal Terima Kembali Bitcoin

CEO Tesla, Elon Musk, menyinggung terkait kemungkinan besar akan kembali menerima pembelian mobil listrik menggunakan Bitcoin, setelah penambangan mata uang kripto mencapai penggunaan 50 persen energi terbarukan. Kabar itu berdampak pada nilai mata uang digital terpopuler tersebut mengalami lonjakan hingga melewati level US$ 30.000 atau sekitar Rp 435,09 juta.

Mengutip dari CNBC hari Kamis (22/7/2021), Musk mengatakan, “Bitcoin mulai beralih ke energi terbarukan, dan sejumlah perangkat penambangan Bitcoin yang digunakan sudah dihentikan, khususnya yang berada di China”.

Ia menambahkan, “Saya ingin melakukan uji kelayakan untuk memastikan penggunaan energi terbarukan sudah berada di level 50 persen atau lebih, dan melihat apakah angka itu akan terus meningkat. Jika iya jawabannya, Tesla akan kembali menerima Bitcoin,”.

Diberitakan sebelumnya, pada bulan Mei lalu, Tesla mengumumkan tidak akan lagi menerima cryptocurrency atau uang kripto untuk pembelian produk Tesla.

Hal itu menyusul kekhawatiran atas dampak lingkungan dari penambangan Bitcoin yang menggunakan listrik dalam jumlah besar. Langkah itu terjadi kurang dari dua bulan setelah Tesla pertama kali mengumumkan menerima mata uang digital terbesar di dunia sebagai pembayaran.

Terkait hal itu, beberapa investor dan pencinta lingkungan menyerang keputusan Tesla. Perselisihan tersebut menyoroti klaim kendaraan listrik ramah lingkungan, tapi dibeli menggunakan uang kripto yang intensif energi.

Elon Musk Beri Sinyal Tesla Bakal Terima Kembali Bitcoin

Elon Musk Beri Sinyal Tesla Bakal Terima Kembali Bitcoin

Sejak pernyataan Musk soal Bitcoin pada Mei tersebut, China mulai menindak crypto, dan mengusir penambang yang kemudian memilih pindah ke tempat lain. Jika melihat dari data terbaru yang disampaikan oleh Universitas Cambridge menunjukkan banyak penambang menuju ke AS, yang kini menjadi tujuan terbesar kedua bagi penambang Bitcoin dunia.

Sementara itu, Chief Executive Officer Twitter Inc. dan Square Inc. Jack Dorsey juga mengungkapkan tentang jejak karbon mata uang digital. Dorsey mengatakan Bitcoin mendorong inovasi di sektor energi, mengutip sebuah perusahaan yang mengubah gas alam suar menjadi listrik untuk menggerakkan rig penambangan.

Sedangkan Kepala Ark Investment Management, Cathie Wood, yakin Bitcoin akan jauh lebih ramah lingkungan. “Daripada penambangan emas atau sektor keuangan yang ada,” tuturnya.

William Adhiwangsa
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top