Crypto

Gagal Jadi Milyader, Pria Ini Menyesal Tukar 3.019 Bitcoin dengan Voucher Game

Dalam kabar terbarunya, mata uang kripto Bitcoin sempat mencetak harga rekor tertinggi sepanjang masa di beberapa waktu yang lalu. Bahkan, ditaksir bahwa mata uang digital paling populer itu akan menyentuh angka yang jauh lebih fantastis, yakni US$ 5 juta/koin atau sekitar Rp 70 miliar/koin (kurs Rp 14.000/US$) di tahun 2030. Investasi kripto memang menarik bagi investor karena dianggap memiliki prospek yang bagus.

Terkait dengan investasi mata uang digital yang kini menjadi populer tersebut, kisah-kisah unik yang berhubungan dengan cryptocurrency memang menjadi sesuatu hal yang tidak ada habisnya jika dibahas. Salah satunya adalah mengenai kegiatan penambangan yang seringkali dianggap meresahkan lingkungan. Seperti yang diketahui, kegiatan menambang mata uang kripto dikenal menggunakan daya listrik yang tinggi, sehingga seringkali aktivitas ini justru dilakukan dengan cara mencuri listrik dari sumber berdaya besar.

Seperti yang terjadi di Warsawa Polandia, seorang pegawai sipil terpaksa diamankan oleh polisi karena nekat mencuri listrik di kantor kepolisian setempat demi aktivitas menambang Bitcoin. Mariusz Ciarka selaku juru bicara polisi Polandia mengatakan bahwa tersangka kasus pencurian listrik ini bukanlah petugas polisi yang bertugas meskipun Ia berstatus sebagai pegawai sipil.

Bahkan tersangka tidak hanya mencuri pasokan listrik saja, namun ia juga menggunakan komputer milik kepolisian untuk menambang mata uang kripto. Menurut laporan beberapa media lokal, teknisi itu diketahui merupakan seorang pegawai sipil yang bekerja di Kantor Kepolisan di Warsawa.

Sementara itu, beberapa hari yang lalu, ada satu kejadian yang viral di sosial media Twitter. Dari screenshot yang diunggah tersebut, nampak tangkapan layar dari akun seorang pria yang melepas 3.019 Bitcoin miliknya menjadi voucher Gemscool. Sebagaimana diketahui, Gemscool sendiri merupakan sebuah layanan publisher permainan online, yang membawa banyak game online masuk ke publik Indonesia, namun saat ini layanannya sudah tutup.

Tangkapan layar yang sempat viral

Tangkapan layar yang sempat viral

Melansir detikcom, akun sang pria yang berada pada tangakapan layar itu bernama Muhammad Usep ((23) asal Gunung Putri, Bogor yang berprofesi sebagai Android developer.

Kepada detikcom, Usep mengatakan terpancing untuk bercerita ketika banyak juga orang yang dulunya memiliki Bitcoin dengan jumlah besar dan menyesal menjualnya. Untuk informasi, pertama kali Usep membeli Bitcoin, adalah yakni pada bulan April 2010 di mana harga 1 BTC masih sekitar USD 0.003. Kurs USD ke Rupiah 2010 rata-rata 9.300. Jika dihitung, maka ia berinvestasi sekitar Rp 84,230.1.

Namun, jika dikalkulasi dengan nilai Bitcoin hari ini, dimana harga 1 koin Bitcoin setara dengan Rp 887.697.113. Maka itu artinya, kekayaan Muhammad Usep jika koinnya tidak ditukar voucher game adalah senilai Rp 2,6 triliun lebih.

Usep mengaku, secara psikologis, ketika sudah terkumpul sekian BTC tentu ada kecenderungan untuk menjual, apalagi saat itu mendapatkan BTC bisa dibilang sangat mudah. Bahkan ada situs yang memberikan 10 BTC untuk orang yang mendaftar di situs tersebut atau juga dengan mengerjakan refferal dengan reward mendapatkan BTC.

Memang, bukan sebuah rahasia lagi jika sebelum berjaya seperti sekarang, Bitcoin sempat dianggap tidak berharga. Bahkan, saking remehnya di masa lalu, banyak orang membuang aset Bitcoin miliknya hanya untuk membeli hal yang kurang bermanfaat seperti kupon game.

Meski begitu, cerita yang sempat viral ini belum diketahui kebenarannya. Sungguh terjadi atau screenshot ini hanya karangan belaka. Namun, memang tweet ini viral dan memancing banyak netizen ikut berkomentar terkait hal ini.

Lita Alisyahbana
1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Kripto Haram Sebagai Alat Bayar, Ini Tanggapan Ma'aruf Amin

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top