Bisnis

Pengaruh Brexit Terhadap Ekonomi Global, Mari Simak!

Adanya keputusan Inggris untuk mengundurkan diri dari blok 28 negara membuat Uni Eropa menyayangkan hal tersebut. Ternyata keputusan Inggris sangat berdampak besar. Pengaruh brexit terhadap ekonomi global. Tidak hanya soal ekonomi saja, ternyata adanya brexit juga berpengaruh terhadap bidang politik, investasi, imigrasi dan juga bidang perdagangan.

Ada beberapa pengaruh brexit terhadap ekonomi global yang ternyata tidak hanya mempengaruhi satu sisi kehidupan saja melainkan banyak. Hal ini tidak lepas dari kedudukan Inggris yang sangat penting dalam persatuan blok 28 negara.

Untuk informasi lebih jelasnya, mari simak ulasan singkat berikut ini:

Pengaruh Brexit Terhadap Ekonomi Global, Mari Simak!

Pengaruh Brexit Terhadap Ekonomi Global, Mari Simak!

1. Pasar Keuangan Global Akan Terguncang

Adanya hasil referendum yang keluar membuat pasar keuangan global mengalami guncangan. Hal ini ditandai dengan penurunan indeks saham gabungan dari seluruh negara pada tahun 2016 silam. Namun, ada beberapa anggapan bahwa guncangan ini hanya sebagai eforia sesaat setelah keluaranya referendum yang keluar sebelum isu terguncangnya pasar keuangan global ini.

Anggapan eforia sesaat ini terbukti beberapa hari setelahnya. Keadaan indeks saham mulai mengalami pemulihan. Hal tersebut terjadi dikarenakan pasar keuangan kini telah menunjukkan rasionalitasnya. Keuangan ini menguat ketika indeks menguat di PSE Filiphina, Bombay India, SET Thailand, FTSE UK, JSX Indonesia, dan juga Shanghai China tepatnya tiga hari setelah penurunan indeks.

2. Nilai Tukar Mata Uang Melemah

Pengaruh brexit terhadap ekonomi global selanjutnya adalah melemahnya nilai tukar mata uang. Efek brexit ini berdampak langsung terhadap perputaran nilai mata uang. Seperti mata uang Euro dan poundsterling yang mengalami pelemahan terhadap mata uang US dollar. Lemahnya mata uang ini juga terjadi tak lama setelah referendum brexit dikeluarkan.

Kedua mata uang ini mengalami pelemahan yang cukup signifikan terhadap US dollar. Untuk poundsterling sendiri mengalami pelemahan hingga mencapai angka 8,82%. Sedangkan untuk mata euro mengalami pelemahan sekitar 2,7%. Pelemahan ini terjadi terjadi tahun 2016, tepatnya pada tanggal 24 juni 2016 silam.

3. Jumlah Investasi UE Menurun

Masih seputar perdagangan, adanya keputusan Brexit ini ternyata juga berdampak pada menurunnya jumlah investasi. Seperti data yang diketahui bahwa Inggris merupakan negara yang menjadi investor terbesar Uni Eropa. Inggris per tahunnya menginvestor modal senilai US$56 Miliar. Dibandingkan negara lain, Inggris lah yang paling terbesar dalam invetasi.

Keadaan penurunan mengakibatkan ketimpangan. Pasalnya Uni Eropa kehilangan investor terbesarnya. Uni Eropa harus mati-matian mencari investor lebih banyak lagi untuk menutupi ketimpangan tersebut. Akibatnya banyak sekali sektor yang menjadi tidak stabil pada akhirnya. Terutama dibagian ekspor impor tadi.

4. Harga Properti Melejit

Keputusan brexit ini ternyata juga memberikan dampak besar dalam pasar properti dunia. Potensi kenaikan ini diprediksi terjadi di negara Australia, Singapore, dan juga Hongkong. Keadaan ini tidak lepas dari kehilangannya Uni Eropa investor terbesarnya. Mereka lebih memilih mengalirkan dananya ke jalur yang aman, seperti  Jepang yang dianggap para investor sebagai tempat yang aman.

Penurunan perekonomian Uni Eropa tentunya berdampak besar terhadap perekonomian negara lain, tidak terkecuali Indonesia. Data menyebutkan pada tahun 2016, ekonomi Amerika Serikat menurun sampai 0,02%. Adanya penurunan ini akan membuat Indonesia juga mengalami penurunan sekitar 0,08%. Tentunya ini terjadi karena Eropa merupakan negara adidaya dengan banyak negara bernaung di bawahnya.

Demikianlah tadi beberapa pengaruh brexit terhadap ekonomi global yang menyangkut juga banyak sekali sektor kehidupan lain. Perekonomian itu layaknya induk dalam kehidupan, sehingga ketika perekonomian melemah, sektor lain juga akan ikut. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang tepat dan semoga bermanfaat untuk semua pembaca.

Johnson Manik
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top