Bisnis

Ingin Tahu Dampak Ekonomi Global Di Indonesia? Berikut Ulasannya!

Ingin-Tahu-Dampak-Ekonomi-Global-Di-Indonesia
Gambar Ingin Tahu Dampak Ekonomi Global Di Indonesia

Ekonomi global adalah pencampuran ekonomi dan saling ketergantungan ekonomi di seluruh dunia melalui eskalasi pergerakan lintas budaya barang, jasa, teknologi, dan kekayaan. Sederhananya, uang dunia tersebar di mana-mana karena barang, produk, dan teknologi dikirim dari satu negara ke negara lain. Hal tersebut menjadikan adanya saling ketergantungan sehingga menjadikan sebuah dampak ekonomi global di indonesia.

Dalam lima ekonomi terbesar cukup besar untuk mempengaruhi seluruh dunia dengan perkembangan mereka. Jika salah satu dari lima ekonomi ini menderita dari bencana alam atau peristiwa apa pun yang menyebabkan penurunan ekonomi, ia akan memiliki sekuel pada ekonomi global karena interkoneksi yang disebabkan oleh perdagangan internasional. Nah berikut beberapa dampak ekonomi global tersebut bagi Indonesia:

1. Dampak pada Pekerjaan & Harga

Sebagai permulaan, para pendukung ekspansi globalisasi ekonomi berpendapat bahwa itu menciptakan lapangan kerja dan menurunkan harga barang. Misalnya, ketika sebuah perusahaan manufaktur kelahiran Indonesia mendirikan toko di negara miskin, itu menciptakan lapangan kerja bagi orang-orang di sana.

Di sisi lain, ketika Cina mengekspor atau mengirim barang ke negara lain, ke tempat-tempat seperti Indonesia, itu memaksa produsen Indonesia untuk menawarkan barang-barang mereka dengan harga lebih murah juga. Sementara para pendukung globalisasi ekonomi menggembar-gemborkan kekuatannya untuk menciptakan lapangan kerja di negara-negara miskin, banyak yang berpendapat bahwa itu telah memungkinkan terjadinya ketidakadilan sosial.

2. Pasar Komoditas Bisa Naik

Pertumbuhan permintaan masih terlihat cukup kuat untuk memberikan dukungan pasar komoditas. Hal itu membuat jenis keruntuhan harga yang terlihat. Namun, volatilitas di pasar komoditas akan berlanjut terutama di pasar minyak. Dampak ekonomi global di Indonesia lainnya, minyak akan naik sedikit dalam waktu dekat.

Risiko terhadap harga minyak dan komoditas lainnya sebagian besar berada pada sisi negatifnya, mengingat melambatnya pertumbuhan permintaan dan meningkatnya pasokan. Hal tersebut menjadi sebuah pemikiran tersendiri bagi Indonesia.

3. Beberapa Bank Sentral Lainnya Akan Menaikkan Suku Bunga

Dengan ekonomi utama dunia pada titik yang berbeda dalam siklus bisnis, tidak mengherankan bahwa bank sentral bergerak dengan kecepatan dan arah yang berbeda. Namun, mengingat pertumbuhan yang lebih lemah dan tekanan inflasi yang diredam, laju pemindahan akomodasi cenderung lebih rendah dari yang diperkirakan sebelumnya. Dampak ekonomi global di Indonesia menjadikan beberapa bank sentral kemungkinan akan menaikkan suku bunga tiga kali pada tahun 2019. Hal tersebut disesuaikan dengan kebijakan dengan memperhatikan tentang pertumbuhan ekonomi yang ada.

4. Risiko Guncangan Kebijakan Telah Meningkat

Kesalahan kebijakan tetap menjadi ancaman terbesar bagi pertumbuhan global pada 2020 dan seterusnya. Konflik perdagangan yang mendidih itu berbahaya, bukan karena mereka telah melakukan kerusakan. Selain itu, meningkatnya defisit anggaran di Indonesia, tingkat utang yang tinggi bisa berpotensi salah langkah oleh bank-bank sentral utama semuanya merupakan ancaman bagi ekonomi global.

Berita baiknya adalah bahwa kemungkinan kesalahan kebijakan seperti itu secara serius menghambat pertumbuhan global pada tahun 2020 masih relatif rendah. Namun, risiko kerusakan akibat kesalahan kebijakan akan meningkat pada tahun berikutnya karena pertumbuhan melambat lebih lanjut.

5. Tidak Bergantung Pada Impor Negara Lain

Terlepas dari ini, ada aspek terkait dengan cara di mana Indonesia tidak terlalu bergantung pada ekspor seperti Cina. Hal tersebut dikarenakan jika cadangan devisa dan neraca pembayaran bersama dengan defisit neraca berjalan dikelola dengan baik.

Tidak ada alasan mengapa Indonesia bisa bernafas dengan mudah. Namun, kisaran terbaru dalam nilai Rupiah yang telah turun tajam terhadap Dolar berarti bahwa aspek ini perlu diawasi juga.

Beberapa dampak ekonomi global di Indonesia tersebut tentunya menjadikan kita harus waspada akan sesuatu yang bisa terjadi. Dengan lebih selektif terhadap kebijakan yang ada baik dari masyarakat beserta pemerintah akan menjadi sebuah langkah yang bisa mengatasi masalah yang ada.

Artikel Lainnya : Dampak Krisis Ekonomi Global Bagi Negara Indonesia

William Adhiwangsa
1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Dampak Krisis Ekonomi Global Bagi Negara Indonesia

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top