Finansial

Inilah 5 Tips Berinvestasi Ala Robert Kiyosaki!

Inilah 5 Tips Berinvestasi Ala Robert Kiyosaki!

Inilah 5 Tips Berinvestasi Ala Robert Kiyosaki!

Nama Robert Kiyosaki tentu tidak asing di dunia finansial, investasi, dan bidang ekonomi. Tentunya Kiyosaki sendiri diketahui memiliki banyak pemikiran-pemikiran yang sangat bermanfaat. Maka, pada kesempatan kali ini, kami mencoba mengangkat tema tentang tips-tips beriventasi ala Robert Kiyosaki.

Seperti yang diketahui, banyak orang mengatakan bahwa untuk memiliki uang yang berkembang, menabung saja tidak akan cukup. Maka banyak orang juga yang kini mencoba sejumlah investasi sebagai ladang untuk menambah pundi-pundi.

Namun, dengan tujuan ingin menjadi kaya, banyak orang yang ikut-ikutan tren investasi tanpa memahami prinsip dasar dari investasi itu sendiri. Secara umum, pengertian dari investasi adalah penanaman aset atau dana yang dilakukan oleh sebuah perusahaan atau perorangan untuk jangka waktu tertentu demi memperoleh imbal balik yang lebih besar di masa depan.

Baca Juga: Strategi Investasi Ala George Soros VS Warren Buffet, Mana Yang Lebih Baik?

Siapa Robert Kiyosaki?

Dikutip dari berbagai sumber, diketahui bahwa Robert Kiyosaki merupakan penulis dan pengusaha dari Amerika yang lahir pada 8 April 1947. Kiyosaki merupakan pendiri dari Rich Global LLC dan Rich Dad Company, yang merupakan perusahaan edukasi keuangan swasta yang memberikan edukasi keuangan dan bisnis personal kepada orang-orang lewat buku dan video.

Pendapatan utama dari perusahaan ini datang dari franchise seminar perusahaan Rich Dad yang dijalankan oleh individu mandiri menggunakan nama brand Kiyosaki sebagai biayanya. Dia juga merupakan kreator dari game papan dan perangkat lunak untuk mengedukasi orang dewasa dan anak-anak mengenai konsep bisnis dan keuangan.

Seminar-seminar Kiyosaki di Amerika Serikat dan Kanada dijalankan dengan bentuk kolaborasi dengan perusahaan bernama Whitney Information Network. Dan masuk sebagai perusahaan lokal sebagai franchise di negara lain.

Dalam informasi lain, pria bernama lengkap Robert Toru Kiyosaki diketahu juga merupakan seorang penulis dari lebih 26 buku. Termasuk buku seri Rich Dad Poor Dad yang merupakan buku yang di publish sendiri untuk keuangan personal. Dan sudah diterjemahkan ke dalam 51 bahasa serta sudah dijual lebih dari 41 juta kopi di seluruh dunia.

Baca Juga: 3 Jenis Investasi Menjanjikan Keuntungan Tanpa Perlu Trading

Tips Investasi Robert Kiyosaki

Berikut ini adalah 5 tips berinvestasi ala Robert Kiyosaki yang coba kami jelaskan untuk Anda, diantaranya yakni:

Investasi Bukanlah Selalu Soal Uang

Dalam tips pertama ini, Kiyosaki menenkankan bahwa investasi tak selamanya selalu soal uang. Baginya investor harus melihat secara realistis, tetapi jika hanya memburu nilai uang maka yang terjadi justru menjadi tidak menghargai proses dan menggunakan berbagai cara untuk mencapai kesuksesan. Sukses dan kaya, memang bisa dicapai dengan instan, namun tidak membuat Anda bertambah pintar dan sukses secara abadi.

Perlunya Memeriksa Pengeluaran

Pada tahap ini, Kiyosaki mengatakan bahwa banyak orang merasa kesulitan mengontrol pengeluaran dan menghilangkan kebiasaan negatif itu. Artinya adalah, Anda perlu mengontrol dan membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Cara yang dapat Anda terapkan untuk memeriksa pengeluaran adalah dengan menetapkan tujuan finansial tiap bulan. Seperti jumlah yang ingin Anda tabung, jumlah tagihan yang harus Anda lunasi. Atau tujuan spesifik yang ingin Anda capai, misalnya untuk traveling dan modal bisnis.

Mengevaluasi Risiko dan Keuntungan

Sebelum berinvestasi, orang akan mempertimbangkan keuntungan dan juga risikonya. Hal ini mirip dengan teori manajemen portofolio, yakni bentuklah portofolio yang efisien. Maksudnya, jika Anda mampu memilih investasi yang berisiko sama, tetapi keuntungan yang lebih besar. Maka pilihlah investasi tersebut dibanding investasi yang berisiko. Inilah inti dari mengevaluasi risiko dan keuntungan.

Baca Juga: 5 Tanda Belum Siap Berinvestasi, Anda Termasuk?

Memiliki Passive Income

Anda juga sebaiknya memiliki passive income yang dapat mendukung. Passive income yang dapat Anda miliki adalah investasi. Contohnya dalam hal ini adalah, Anda dapat memperoleh passive income melalui tabungan saham. Selain itu, jika Anda ingin berinvestasi jangka panjang, pertimbangkan investasi di pasar modal karena potensi return yang cukup besar.

Pentingnya Memiliki Sistem Keuangan

Di tahap ini, Kiyosaki mengajarkan bahwa untuk menjadi sukses dalam hal finansial tentu Anda harus memiliki gaya mengelola keuangan sendiri. Dapat dikatakan bahwa semakin bijak Anda dalam mengelola keuangan, maka akan semakin sukses Anda. Dia juga mengingatkan, bahwa Anda bukanlah pedagang pasar. Baginya, Anda adalah pengamat dan penganalisis, serta pewujud berbagai keinginan orang-orang yang memiliki uang.

Baca Juga: Berinvestasi dengan Dollar Cost Averaging, Apa Itu?

Kesimpulan

Itulah ulasan mengenai 5 tips berinvestasi ala Robert Kiyosaki. Penting untuk Anda ingat, bahwa apapun cara yang Anda pilih untuk mengembangkan uang, lakukan selagi Anda merasa yakin. Persiapkan diri sebaik mungkin, baik mental maupun modal agar Anda tidak kaget ketika sudah benar-benar terjun dalam dunia investasi. Satu hal yang juga tak boleh Anda lupakan adalah fokus pada proses, bukan hanya untung dan rugi.

Lita Alisyahbana
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

hadiah trading octafx
To Top