Crypto

Mengenal FOMO pada Kripto dan Bahaya Besarnya

Mengenal Fomo pada Kripto dan Bahaya Besarnya

Sebagaimana diketahui, kesuksesan dalam berinvestasi dapat dipengaruhi oleh segala hal. Baik itu berasal dari faktor luar maupun dari dalam diri investor itu sendiri. Namun yang pasti, kesuksesan dalam berinvestasi sangat dipengaruhi oleh faktor psikologi dari investor.

Jika membahas mengenai psikologi pada investasi, tentu ada banyak sekali faktor-faktor yang mempengaruhi seseorang ketika mengambil keputusan dalam berinvestasi. Salah satunya adalah tentang faktor emosi. Bukan sebuah rahasia, jika faktor emosi dalam dunia investasi dapat menimbulkan kerugian alih-alih keuntungan yang fantastis. Terkait faktor emosi tersebut, pada kesempatan kali ini mari kita membahas tentang istilah FOMO yang terdapat pada investasi kripto.

Apa Itu FOMO pada Kripto?

Di waktu belakangan ini mungkin Anda sering melihat banyak orang di media sosial yang mengunggah terkait investasi kripto atau cryptocurrency. Memang bukan menjadi rahasia jika investasi aset kripto kini menjadi semakin tenar dan berkembang. Namun, ditengah meningkatnya jumlah investor di pasar kripto tidak diiringi dengan pemahaman dari para calon investor terkait besarnya risiko investasi aset kripto.

Pada prakteknya, banyak orang yang terjun ke dunia investasi kripto hanya berdasarkan dari melihat dan mendengar besarnya keuntungan dari investasi aset kripto. Tanpa didasari pengetahun yang baik, banyak orang yang justru berinvestasi aset kripto berdasar FOMO.

Secara singkat, FOMO memiliki kepanjangan yakni “Fear of Misssing Out”. Namun jika dijelaskan secara garis besar, FOMO dapat dipahami takut tertinggal momen dalam mengikuti kondisi pasar kripto. Pasar kripto yang dapat berubah dengan cepat dan drastis mengakibatkan munculnya perasaan takut bagi investor pemula, tentunya mereka akan mempunyai perasaan takut melewatkan peluang yang menguntungkan atau takut mengalami kerugian.

Para calon investor kerap kali memilih berinvesasi hanya dengan mengikuti kata senior atau orang lain atau karena didorong oleh emosi untuk cepat bertindak. Tindakan yang diambil cenderung tidak melakukan analisis terlebih dahulu. Kata FOMO sering kali riuh di media sosial, namun lambat laun istilah FOMO tidak hanya digunakan pada dunia investasi kripto atau cryptocurrency. Istilah FOMO juga di trading forex.

Dalam investasi kripto sangat disarankan menggunakan dana uang dingin, hal tersebut penting mengingat karakteristik pasar kripto yang “high risk high return” dengan perubahan harga yang sangat drastis dan cepat. Maka dari itu, harus dipahami di awal oleh para investor bahwa akan diperhadapkan pada keadaan yang tak menentu atau ketakutan mengalami kerugian.

Dapat dikatakan, bahwa FOMO menimbulkan konsekuensi yang benar-benar serius bagi para investor karena mengurangi kemampuan mereka untuk mengambil keputusan secara objektif selama trading. Mengejar keuntungan yang seperti itu justru menyebabkan trader mengambil resiko lebih besar. Jika harga tiba-tiba anjlok, maka mereka yang akan rugi besar.

Tips Menghindari FOMO pada Kripto

Fenomena FOMO pada dunia investasi khususnya aset kripto, dapat dihindari dengan bebarapa hal. Diantaranya adalah:

1. Jangan terlalu sering membuka internet dan market
2. Penting untuk melihat statistik untuk mendapatkan gambaran yang nyata
3. Jangan selalu bergantung pada intuisi
4. Jangan melupakan analisis kesalahan
5. Gali informasi tentang penipuan yang berbasis FOMO
6. Anda harus memahami bahwa investasi kripto tidak selamanya untung

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan untuk artikel kali ini, kami akan menulis satu pesan penting yang perlu Anda perhatikan. Yaitu, jangan terburu-buru membeli suatu koin kripto hanya karena provokasi dari orang lain. Yang perlu Anda lakukan hanyalah percaya pada fundamental atau analisa dari diri Anda sendiri. Selain itu, FOMO dapat dihindari jika Anda memiliki pengetahuan yang baik mengenai dunia aset kripto. Anda juga dapat belajar dari artikel-artikel mengenai dunia investasi aset kripto pada situs ini untuk menambah wawasan Anda mengenai dunia aset kripto.

Salam sukses!

Lita Alisyahbana
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top