Bisnis

6 Tips Jalankan Bisnis Sayur Online

Kebutuhan akan sayur mayur dalam makanan manusia sangat penting kehadirannya karena banyaknya gizi yang terkandung didalamnya. Mencoba untuk memanfaatkan peluang ini untuk berbisnis seperti bisnis sayur online juga cukup menguntungkan.

Sayur punya tingkat permintaan yang cukup besar di pasaran, untuk itu tidak ada salahnya mencoba cara berjualan sayur berikut ini

6 Tips Jalankan Bisnis Sayur Online

6 Tips Jalankan Bisnis Sayur Online


1. Mencari Sayuran yang Segar

Cara pertama yang sangat penting untuk dilakukan untuk bisnis sayur online adalah mencari sayuran yang masih segar. Konsumen biasanya lebih mementingkan kualitas suatu produk dibandingkan kuantitas apalagi produk makanan seperti sayur.

Meskipun bisnis dilakukan secara online, kesegaran sayur yang ditawarkan harus tetap terjaga. Pastikan sayur tersebut dibeli dari pasar induk yang menyediakan sayuran yang masih segar. Untuk lebih terjaminnya kualitas sayur, bisa langsung membeli dari pihak pertama atau petani langsung setelah memanen sayur.

2. Pilih Lokasi yang Strategis

Tempat berdirinya bisnis yang dijalankan merupakan salah satu faktor penentu kelancaran bisnis tersebut. Lokasi ini harus mudah dijangkau oleh para calon konsumen yang ingin membeli sayur. Meskipun bisnisnya secara online, keuntungan yang didapatkan akan lebih banyak saat orang datang langsung ke lokasi bisnis.

Selain itu beberapa varian bisnis yang dilakukan adalah dengan memanfaatkan kendaraan untuk berjualan keliling. Kendaraan ini akan sangat membantu dalam kelancaran bisnis yaitu dengan mejajakan sayur ke area sekitar berdirinya bisnis tersebut.

3. Siapkan Tempat yang Memadai

Untuk memastikan sayur yang dijual terpajang dengan baik dan cantik maka perlu ada tempat yang memadai. Syaratnya adalah tempat itu harus cukup luas untuk menampung sayur yang dijual dan ditata serapi mungkin untuk menarik minat pembeli.

Pastikan sayur – sayur ini tertata dengan rapi sehingga saat pengambilan gambar untuk foto produk tampilan sayur lebih memikat. Penataan sayur dan kualitasnya akan sangat mempengaruhi minat konsumen dalam melakukan pembelian.

4. Menyediakan Freezer

Satu lagi hal yang penting dalam bisnis sayur online adalah penyediaan freezer untuk menampung sayur. Adanya freezer ini akan sangat membantu sayur – sayur yang dijual tetap segar dan tahan lama untuk dijual kepada konsumen. Kendati sayur yang sangat mudah layu di suhu ruangan, maka freezer ini sangat dibutuhkan.

5. Menyediakan Sayuran yang Bervariasi

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan bisnis sayur adalah dengan menyediakan sayuran yang bervariasi. Sayuran yang sudah seperti kebutuhan primer manusia tetap tidak menarik jika hanya itu – itu saja. Bercermin pada diri sendiri saja bahwa sayur yang itu – itu saja akan membuat orang lebih mudah bosan.

Selain itu kandungan gizi pada setiap sayur berbeda – beda, untuk itu perlu adanya variasi untuk memenuhi kebutuhan gizi tersebut. Begitupula dengan konsumen yang pasti akan memilih jenis sayur yang berbeda. Semakin banyak jenis sayuran yang tersedia, maka bisnis tersebut semakin berpeluang memperoleh konsumen.

6. Pelayanan Profesional

Hal yang tidak kalah pentingnya dalam menjalankan bisnis adalah pelayanan yang baik kepada konsumen. Pelayanan yang diberikan kepada konsumen baik secara langsung ataupun melalui media akan memberi kesan kepada konsumen.

Layani konsumen secara professional saat berkunjung ke tempat jualan untuk membangun reputasi yang baik. Semakin baik pelayanannya maka konsumen akan semakin nyaman berbelanja dan akan sangat memungkinkan untuk menjadi pelanggan tetap. Kenyamanan ini merupakan salah satu daya jual dan keunggulan bisnis yang bisa diandalkan.

Nah itulah beberapa cara menjalankan bisnis sayur online yang bisa dilakukan saat memutuskan untuk memulai bisnis ini. Selain cara di atas diperlukan juga tekad yang kuat, kerja keras dan komitmen untuk selalu mengembangkan bisnis tersebut.

Johnson Manik
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
To Top