Finansial

Inilah Cara Baru Mendapat Uang dari Instagram

Aplikasi sosial media Instagram meluncurkan cara baru untuk pengguna dan juga selebgram untuk mendapatkan uang dari platform tersebut. Bagaimana caranya? Adalah dengan membuat konten di IGTV.

Pihak Instagram pada hari Rabu (27/5/2020) kemarin, mengumumkan akan menghadirkan iklan di fitur video IGTV. Dan akan membagi pendapatan dari iklan tersebut dengan para selebgram atau pengguna yang membuat video untuk layanan ini. Instagram sendiri akan membagikan 55 persen keuntungan iklan ke pengguna dan selebgram yang membuat konten.

Sebagai tambahan informasi, aplikasi sosial media Facebook meluncurkan IGTV pada Juni 2018 yang lalu, di mana pengguna dapat menonton video dengan durasi lebih lama diperangkat selulernya. Pengguna dapat mengakses IGTV secara langsung di Instagram atau aplikasi IGTV yang berdiri sendiri.

Untuk diketahui, Instagram menyumbang 25 persen pendapatan Facebook. Instagram menghasilkan US$ 20 miliar dari iklan pada tahun lalu. Instagram menjelaskan, bahwa iklan akan muncul pada tahun depan dengan durasi paling panjang adalah 15 detik. Untuk di tahap awal, Instagram akan meluncurkan iklan ini bagi pengiklan dan selebgram di Amerika Serikat (AS).

Inilah Cara Baru Mendapat Uang dari Instagram

Inilah Cara Baru Mendapat Uang dari Instagram

Platform berbagi foto itu juga akan mengujicobakan fitur lencana virtual pada Juni 2020, yang akan diberikan oleh pengguna kepada selebgram idolanya. Kemungkinan lencana virtual ini wujudnya berbentuk hati kecil. Lencana digital ini adalah merupakan donasi yang diberikan kepada selebgram. Pengguna membeli lencana virtual ini dengan harga 99 sen, US$ 1,99 dan US$ 4,99. Di tahap awal, seluruh uangnya akan diberikan kepada selebgram.

Mengutip dari CNBC International pada Kamis (28/5/2020) ini, pihak Instagram mengatakan, “Kami berkomitmen untuk menjadikan IGTV tempat yang efektif dan aman untuk beriklan, sehingga kami dapat membantu pembuat konten menghasilkan uang dan menghubungkan orang dengan produk hebat”.

Sebelumnya, sosial media Facebook juga meluncurkan aplikasi yang secara khusus untuk para penggemar game bernama Facebook Gaming. Platform ini memungkinkan penggunanya tidak hanya bermain game saja, tetapi juga bisa untuk mendapatkan uang.

Para kreator konten game di Facebook Gaming bisa meraup penghasilan dari tiga sumber pendatapan. Yang pertama dari iklan (ads), yang kedua adalah stars (mata uang Facebook Gaming), dan yang ketiga adalah fan support (langganan).

Lita Alisyahbana
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top