Crypto

Memahami Bitcoin Mining: Pengertian dan Perangkat yang Digunakan

Di beberapa waktu belakangan ini, dengan didukung oleh era digital yang semakin berkembang pesat, kini banyak orang yang mulai tertarik pada penambangan Bitcoin (Bitcoin mining). Namun, dibalik hingar bingar harga mata uang kripto yang fantastis, tak banyak orang yang mengetahui dengan jelas terkait dengan cara kerja dari proses Bitcoin mining sekaligus tentang perangkat yang digunakan.

Dalam prakteknya, publik mungkin sudah sering kali mendengar tentang istilah penambang (miner) dan aktivitas menambang (mining). Jika dijelaskan secara singkat, penambang adalah pencari atau pengumpul mata uang digital. Sementara aktivitas menambang adalah proses pencarian uang digital.

Seperti yang diketahui, Bitcoin kini menjelma menjadi mata uang digital paling populer. Dengan kapitalisasi serta nilainya yang semakin hari semakin meningkat. Untuk informasi, satu kepingan Bitcoin sendiri diperoleh dengan cara menambang atau mining. Lalu, apa itu mining? Dan perangkat apa saja yang digunakan untuk proses Bitcoin mining? Berikut adalah penjelasan lengkapnya!

Apa itu Bitcoin Mining?

Dalam penjelasannya, menambang Bitcoin atau mining adalah sebuah proses memecahkan sebuah permasalahan matematika yang rumit. Proses pemecahan masalah matematika tersebut sebagai bentuk upaya untuk menambah blok baru dalam sistem transaksi Bitcoin yang disebut dengan Blockchain. Maka dari itu, proses ini kerap kali diibaratkan sebagai layaknya menambang emas.

Dalam prosesnya, aktivitas penambangan Bitcoin dilalukan secara digital dengan perangkat komputer super canggih dan koneksi internet yang stabil. Untuk diketahui, aktivitas penambangan Bitcoin sendiri telah dilakukan oleh banyak orang di seluruh dunia. Artinya adalah, dalam aktivitas penambangan ini Anda akan berpacu dengan penambang lain. Karenanya cara kerja mining juga menyangkut dan membutuhkan spesifikasi komputer khusus yang harus dipersiapkan.

Namun, yang perlu Anda catat mengenai proses penambangan ini adalah pentingnya mempertimbangkan mengenai biaya dan keuntungan penambangan, serta harga hardware dan software, juga angka biaya listrik yang digunakan. Dari ketiga hal itu, dapat dikatakan sudah menguras rekening. Meski begitu, hasil penambangan dengan harga Bitcoin yang fantastis, rasanya hal tersebut adalah harga yang sepadan.

Memahami Bitcoin Mining: Pengertian dan Perangkat yang Digunakan

Memahami Bitcoin Mining: Pengertian dan Perangkat yang Digunakan

Apa Saja Perangkat yang Digunakan?

Seperti dijelaskan sebelumnya, diperlukan software dan hardware khusus untuk menambang Bitcoin. Dengan demikian, Anda tidak bisa menggunakan PC yang biasa Anda miliki di rumah. Jika Anda berminat menjadi miner Bitcoin, maka Anda membutuhkan komputer khusus, serta internet dengan jaringan yang kuat dan stabil. Semakin canggih dan semakin cepat cara kerja komputer yang Anda miliki, maka kian besar pula kemungkinan Anda untuk berhasil.

Namun point penting yang perlu Anda ketahui adalah, bahwa sebenarnya proses menambang merupakan produk dari proses konfirmasi dari sebuah transaksi. Sebab, tujuan utama dari menambang mulanya adalah untuk menjaga sistem kas atau Blockchain untuk tetap terdesentralisasi. Dalam banyak ulasan terkait Bitcoin, para penambang saat ini banyak menggunakan hardware ASIC (Application Spesific Integrated Circuit).

Mengutip dari Investopedia, ASIC merupakan hardware khusus yang dibuat untuk penambangan Bitcoin. Dengan hardware ini penghitungan matematika kompleks dapat dilakukan secara cepat dan hasil yang diperoleh juga dalam jumlah banyak.

Selain hardware, software Bitcoin yang berkinerja super juga harus dimiliki dan digunakan. Software atau perangkat lunak penambangan diperlukan untuk menjaga keamanan mata uang kripto yang terdesentralisasi. Software Bitcoin tersedia untuk pemula dan mereka yang telah mahir atau pemain lama dalam mata uang kripto. Dengan software selain membantu Anda menjaga keamanan, juga membantu Anda dalam menyiapkan dompet tempat menyimpan Bitcoin.

Mengutip dari TheBalance, software yang banyak dipakai oleh para penambang mata uang kripto antara lain:

1. CGMiner
2. BFGMiner
3. EasyMiner
4. AwesomeMiner

Itulah ulasan mengenai mining Bitcoin dan perangkat yang digunakan dalam proses mining Bitcoin. Setelah membaca tuntas, mungkin Anda akan berfikir bahwa proses penambangan Bitcoin memakan biaya yang tidak sedikit. Itu sebabnya sangat penting bagi Anda untuk dapat menghitung keuntungan dari mining Bitcoin, yakni biaya yang dikeluarkan untuk perangkatnya, serta biaya listrik yang digunakan untuk proses penambangan. Meski begitu, hasil penambangan dengan harga Bitcoin yang fantastis, rasanya hal tersebut adalah harga yang sepadan.

William Adhiwangsa
1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Kerusuhan Kazakhstan Ganggu Penambangan Bitcoin

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top