Saham

Suspensi Saham: Pengertian, Penyebab, dan Dampaknya pada Investor

Seperti yang diketahui, di beberapa waktu belakangan ini saham menjadi salah satu investasi pilihan. Jika melihat pada data di sepanjang tahun 2020 lalu saja, tercatat bahwa jumlah investor pasar modal khususnya generasi milenial, meningkat sebesar 56 persen menjadi 3,87 juta. Ini artinya, minat dari kalangan tersebut mulai membanjiri pasar modal Indonesia.

Pada umumnya, masyarakat berinvestasi karena mengharapkan uang mereka dapat berkembang. Meski demikian, pertumbuhan uang tersebut bukanlah satu-satunya target yang harus dipertimbangkan. Strategi investasi yang bijak juga harus mampu melindungi portofolio dari kemungkinan terjadinya penurunan keuntungan.

Pada kesempatan kali ini, kami akan mengajak Anda untuk memahami salah satu istilah dalam dunia investasi saham, yakni suspensi saham. Artikel ini akan membahas mengenai pengertian suspensi saham, penyebab, juga dampaknya suspensi saham pada investor. Untuk itu, penting bagi Anda membaca ulasan ini hingga selesai.

Apa Itu Suspensi Saham?

Barangkali Anda pernah mendengar tentang sebuah saham dari salah satu perusahaan mengalami suspend. Atau Anda mendengar juga membaca tentang Bursa Efek Indonesia (BEI) menerapkan suspensi saham kepada salah satu perusahaan.

Untuk diketahui, istilah suspend atau yang kerap kali disebut dengan suspensi saham, dalam pengertian secara singkatnya, dapat diartikan sebagai tindakan yang dilakukan oleh pihak bursa dengan menghentikan sementara perdaganan saham. Secara luas, istilah suspensi ini dijelaskan sebagai intervensi yang dilakukan oleh BEI pada perdagangan saham untuk mendorong perdagangan efek terselenggara dengan teratur, wajar, dan efisien.

Untuk tambahan informasi, BEI dalam Peraturan Nomor III-G tentang Suspensi dan Pencabutan Persetujuan Keanggotaan Bursa menjelaskan, suspensi merupakan larangan sementara melakukan aktivitas perdagangan di bursa bagi anggota bursa efek dan atau personil yang diberi kuasa atau bertanggung jawab untuk melakukan perdagangan efek.

Seringkali, suspensi perdagangan saham sebuah emiten atau perusahaan yang sahamnya tercatat di bursa disebabkan karena permintaan dari anggota bursa yang bersangkutan, karena sanksi yang dikenakan oleh bursa, serta karena adanya perintah dari otoritas keuangan untuk melakukan suspensi.

Suspensi Saham: Pengertian, Penyebab, dan Dampaknya pada Investor

Suspensi Saham: Pengertian, Penyebab, dan Dampaknya pada Investor

Apa Penyebab Suspensi Saham?

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan suatu perusahaan sahamnya dapat terkena suspensi, adalah karena banyak faktor yang terjadi selama saham tersebut diperdagangkan. Di bawah ini adalah berbagai macam pelanggaran yang bisa menyebabkan dikeluarkannya sanksi oleh BEI, yakni:

1. Unusual Market Activity (UMA), yakni pergerakan harga saham yang bergerak di luar kewajaran. Suspensi saham biasanya banyak terjadi karena hal ini.
2. Terdapat perbedaan antara pengumuman atas corporate action dengan kejadian yang sebenarnya.
3. Kesalahan dalam pencatatan laporan keuangan.
4. Saham gorengan/pompom saham.
5. Penyalahgunaan dana hasil IPO atau right issue.

Dari pointpoint di atas, adalah menjadi penting untuk Anda ketahui. Hal ini agar Anda dapat melakukan sikap kehati-hatian dalam memahami berita di pasar modal. Sehingga Anda dapat menghindari pembelian saham dari perusahaan/saham yang terindikasi mengalami suspensi.

Apa Dampaknya Suspensi Saham bagi Investor?

Untuk diketahui, jika sebuah saham terkena suspensi, ini artinya bahwa investor tidak bisa melakukan apapun kecuali hanya menunggu. Kondisi ini membuat investor tidak bisa melakukan transaksi jual ataupun beli. Masalahnya jika pelanggaran yang dilakukan emiten cukup berat, dan suspensi berlangsung hingga 2 tahun maka ada risiko delisting.

Namun, BEI akan tetap memperhitungkan faktor lain untuk delisting, misalnya adanya kondisi yang secara signifikan berpengaruh negatif terhadap kelangsungan usaha, baik finansial maupun secara hukum, atau perusahaan tersebut tidak dapat menunjukkan indikasi pemulihan.

Ada satu hal penting yang perlu Anda ketahui, yakni sebelum Anda memutuskan untuk membeli saham, wajib bagi Anda untuk melihat portofolio saham melalui beragam informasi. Dimana hal ini membantu Anda dalam mendapatkan informasi mengenai surat resmi tentang saham-saham dari perusahaan yang terkena suspend, unsuspend maupun perusahaan-perusahaan yang terkena UMA.

Itulah ulasan singkat mengenai suspensi saham yang perlu Anda ketahui. Satu hal yang penting untuk dicatat yakni, dalam sebuah investasi diperlukan sikap yang bijak dalam membuat keputusan karena investasi memiliki risiko yang harus dihadapi.

Salam sukses!

Lita Alisyahbana
Latest posts by Lita Alisyahbana (see all)
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

hadiah trading octafx
To Top