Bisnis

Trend Harga Emas Terus Meroket Menyusul Kekhawatiran Terhadap Pelonggaran Ekonomi

Perekonomian setiap negara merupakan hal yang sangat penting dalam meningkatkan taraf kehidupan masyarakat. Salah satunya adalah emas yang memiliki nilai jual yang tinggi. Sehingga emas ini dapat dijadikan sebagai barang yang sangat berharga bagi setiap negara. Maka dari itu, pertambangan emas yang ada di setiap negara perlu dilestarikan sehingga trend harga emas sangat bermanfaat untuk diketahui.

Trend harga emas tersebut bisa dijadikan sebagai patokan saat akan menjual maupun membeli emas. Baik emas batangan, emas mulia, dan jenis emas lainnya. Sehingga harga yang ditawarkan nantinya bisa bersaing di pasar. Selain itu, harga emas di berbagai negara juga memiliki perbedaan sehingga jika dijual di negara tersebut bisa mendapatkan banyak keuntungan.

Trend Harga Emas Terus Meroket Menyusul Kekhawatiran Terhadap Pelonggaran Ekonomi

Trend Harga Emas Terus Meroket Menyusul Kekhawatiran Terhadap Pelonggaran Ekonomi

Harga Emas Dunia Semakin Hari Semakin Meroket

Trend harga emas memang semakin hari semakin meningkat atau dengan kata lain semakin meroket. Sehingga harga emas dikalangan dunia ini dijadikan sebagai penguat dalam sistem perdagangan. Seiring dengan berjalannya waktu setiap harga emas tersebut akan mengalami kenaikan. Seperti pada bulan Juni 2020 harga emas di negara New York memiliki kenaikan yang hampir mencapai 1 persen.

Bahkan pada bulan Agustus mendatang di negara Amerika Serikat harga emas diperkirakan akan naik dari posisi awal. Maka dari itu, hal tersebut menjadikan harga emas di negara lain juga ikut meningkat. Sehingga nantinya perekonomian setiap negara bisa mengalami pelonggaran agar tingkat ekonomi semakin tinggi. Hal tersebut juga menjadikan ekspektasi membaik untuk pertumbuhan ekonomi global.

Di mana pertumbuhan ekonomi global yang dimaksud tersebut adalah hal yang menjadikan mata uang dan emerging market menguat. Akibat dari menguatnya kedua hal tersebut bisa melawan dolar AS yang dijadikan sebagai banderol harga emas tertinggi dibanding negara lain. Sehingga jika harga dari emas tersebut sudah lemah maka harga emas bisa dipastikan menjadi lebih murah.

Maka dari itu, kejadian seperti ini bisa memberikan dampak bagi pemegang mata uang untuk negara lain. Namun dampak yang diberikan masih memiliki sifat yang positif saja. Adapun dampak positif yang diakibatkan dari hal tersebut adalah permintaan emas akan memiliki potensi meningkat. Karena masyarakat akan menjadikan hal tersebut menjadi kesempatan untuk mendapatkan emas murah.

Bagaimana Pergerakan Harga Emas Di Tengah Wabah Covid-19 ?

Pada masa sekarang ini, ada salah satu wabah penyakit yang sedang muncul dan merisaukan penduduk dunia. Penyakit yang dimaksud ini adalah covid-19 yang bermula di negara Wuhan, China. Penduduk dunia merasa khawatir karena penyakit ini sudah menyebar di beberapa negara yang ada. Hal tersebut memberikan banyak dampak negatif bagi masyarakat.

Salah satu dampak negatif yang dimaksud adalah menurunnya tingkat perekonomian. Hal ini disebabkan karena masyarakat diimbau tidak melakukan aktivitas di luar rumah seperti bekerja. Berkaitan dengan hal tersebut, harga emas juga ikut meningkat di tengah wabah virus ini. Peningkatan harga emas disebabkan karena rupiah saat ini sedang mengalami pelemahan.

Maka dari itu, masyarakat disarankan untuk tidak membeli emas sementara waktu. Akan tetapi masyarakat sebaiknya menjual emas saja. Selain itu, emas global juga sudah dalam tekanan turun meskipun masih tergolong stabil. Mengapa demikian ? Karena melihat dari kondisi pasar saat ini yang memang cenderung mencari dollar daripada emas.

Itulah beberapa penjelasan mengenai trend harga emas yang semakin hari semakin meningkat. Karena hal tersebut disebabkan oleh melemahnya mata uang rupiah di negara Indonesia. Sehingga permintaan emas sudah tidak tinggi seperti biasanya. Selain itu, dolar juga lebih cenderung dicari daripada emas.

Pratama Bisri
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
To Top