Finansial

Butuh Dana? Kenali 8 Ciri Jebakan Pinjaman Online

Pinjaman Online Mendorong calon nasabah dan nasabah lebih mudah mengakses dana darurat dan mendesak. Perusahaan dan aplikasi teknologi (fintech) oun semakin banyak karena permintaan pinjaman online

Namun banyak orang yang mengalamai jebakan pinjaman online. Jebakan jebakan ini tidak disadari membuat nasabah ketagihan meminjam, namun tidak sanggup melunasinya.

Berikut adalah ciri jebakan pinjaman online yang bisa Anda kenali

Butuh Dana? Kenali 8 Ciri Jebakan Pinjaman Online

Butuh Dana? Kenali 8 Ciri Jebakan Pinjaman Online

1. Dana tunai tanpa anggunan
Pinjaman online seringkali mencairkan dana tunai tanpa agunan jaminan. Inilah yang menyebabkan calon peminjam butuh kecepatan mendapatkan dana

2. Tingkat Bunga Tinggi
Berbeda dengan KTA (kredit tanpa agunan) bank, tingkat bunga pinjaman online justru lebih tinggi. Karena, fintech cenderung mengandalkan dana dari investor atau P2P Lending. Sehingga, biaya dana yang melingkupinya lebih mahal.

3. Biaya Administrasi Rendah
Biaya administrasi di pinjaman online lebih rendah, bahkan gratis. Inilah yang membuat jebakan pinjaman online berpeluang semakin besar menjerat calon nasabah.

4. Tenor Pinjaman Bervariasi
Tenor atau lamanya angsuran kredit pinjaman online cukup bervariasi. Dimulai dari 20 hari, 30 hari atau 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan, sampai 6 bulan. Jangka waktu angsuran ini memudahkan calon nasabah agar dapat mencicil pinjaman online-nya.

5. Tidak ada BI Checking
Jebakan pinjaman online yang paling mudah dikenali adalah tidak adanya BI Checking. Karena pada dasarnya, pinjaman online berbasis P2P. Sehingga alternatif penilaian kredit nasabahnya berupa credit scoring yang dilihat dari profil media sosial, transaksi telepon, dan sebagainya.

6. Pengurusan Dokumen Simpel Dan Cepat
Dibandingkan dengan KTA bank, pengurusan dokumen pinjaman online lebih simpel dan cepat. Dokumen yang disertakan saat mengajukan pinjaman online hanyalah KTP dan foto diri.

7. Nominal Pinjaman Kecil
Dengan pinjaman online, Anda bebas meminjam dana mulai dari Rp 1 juta. Inilah yang membedakannya dengan KTA bank yang memiliki minimal plafon sebesar Rp 5 juta.

Kondisi inilah yang tidak didapatkan di KTA bank. Sehingga, banyak calon peminjam tergiur dengan penawaran ini.

8. Diproses Secara Online
Keunggulan pinjaman online adalah pemrosesan dana dilakukan tanpa harus tatap muka. Cukup melalui aplikasi yang bisa diunduh di Google Playstore atau Apple Appstore.

Bahkan saat pengurusan dokumen, Anda tidak perlu melakukan tangan basah (wet signature). Tanda tangan bisa dilakukan dengan memotret atau mengunggah foto tanda tangan anda ke aplikasi pinjaman online.

Jika disimpulkan, delapan ciri jebakan pinjaman online ini membuat nasabah gelap mata. Prosesnya mudah, cepat, dan praktis, tidak jarang membuat nasabah lupa menyaring perusahaan dan aplikasi pinjaman online yang aman.

Johnson Manik
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
To Top